Antisipasi Covid-19, Lapas Palangka Raya Siapkan Ruang Isolasi

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 23 April 2020 14:16, Dibaca 294 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Jumlah pasien yang terjangkit virus Corona di Palangka Raya terus meningkat. Selain perawatan di rumah sakit, pasien dengan gejala ringan dapat melakukan isolasi mandiri sendiri.

Tidak hanya itu, Lapas juga harus memiliki ruang isolasi sendiri mengingat kondisi Lapas yang over kapasitas membuat Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) tidak dapat melakukannya di kamar blok hunian. Hal itu dapat menyebabkan penularan virus Corona yang sangat cepat.

(Baca Juga : LPKA Kelas II Palangka Raya Laksanakan Pengajian Untuk Andikpas)

Kepala Lapas Palangka Raya Syarif Hidayat mengungkapkan, jajarannya telah menyediakan ruangan isolasi mandiri bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang memiliki gejala ringan terkait Covid-19.

Ruangan isolasi mandiri itu juga disediakan karena di Palangka Raya terdapat banyak kasus Covid-19 yang sudah menyebar, bahkan di beberapa kabupaten.

Terlebih lagi tren kasus positif Covid-19 diperkirakan masih akan terus meningkat, sehingga berbagai antisipasi termasuk ruangan isolasi mandiri, ruang sterilisasi Covid-19, maupun fasilitas kesehatan terus digencarkan.

“Harapannya semoga WBP Lapas Palangka Raya steril dari corona, dengan catatan kita semua yang masuk ke blok hunian siapa pun itu termasuk saya, harus cuci tangan dan masuk ke bilik sterilisasi serta memakai masker dan jaga jarak. Karena yang berpotensi membawa virus adalah kita yang di luar Lapas. Oleh karena itu semua petugas Lapas harus disiplin menerapkan protokol Covid-19. Semoga Tuhan Yang Maha Esa melindungi kita semua," ujar Syarif, Kamis (23/4/2020).

Tak hanya itu, Syarif menghimbau kepada seluruh pegawai Lapas Palangka Raya agar terus menerus melakukan sosialisasi kepada warga binaan tentang cara memitigasi penyebaran dan dampak Covid-19.

“Kita meyakini bahwa harus ada proses edukasi karena pemahaman atas masalah virus ini belum merata di warga binaan,” ujar Syarif. (Red-dok, Humas Kalteng, April 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook