Hari Pertama Verifikasi Berkas Asli dan Pengukuran Tinggi Badan Sscasn Kanwil Kumham Kalteng Tertib dan Lancar

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 18 Desember 2019 14:09, Dibaca 1,685 kali.


Palangka Raya – Pasca pengumuman kelulusan seleksi administrasi CPNS Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang di umumkan secara online. Selanjutnya Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah melakukan tahapan berikutnya yakni seleksi pemeriksaan fisik (pengukuran tinggi badan). Kepala Kantor Wilayah (Ilham Djaya) didampingi Kepala Divisi Administrasi sekaligus Ketua Panitia Daerah Seleksi CPNS Tahun 2019 (Sucipto), Kepala Divisi Keimigrasian (Ignatius Purwanto beserta Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Cahyani Suryandari) meninjau langsung di halaman dan aula tempat pelaksanaan verifikasi dokumen asli dan pengukuran tinggi badan. (Senin,16/12/19).

Sejak pagi para peserta seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil telah memadati halaman Kantor hingga ruang tunggu yang telah difasilitasi oleh pihak panitia, agar para peserta mendapatkan kenyamanan saat menunggu antrian untuk pemanggilan tes seleksi tersebut. Total peserta CPNS Formasi lulusan SLTA yang lulus seleksi administrasi di wilayah Kalimantan Tengah sebanyak 4.729 orang. Untuk hari pertama pelaksanaan tahapan seleksi ini berjumlah 980 peserta.

(Baca Juga : LPP Palangka Raya Berkoordinasi dengan JFT Barjas Terkait Pelaksanaan Pemeliharaan Gedung)

Kakanwil (Ilham Djaya) memberikan apresiasi kepada panitia atas pelaksanaan yang dilaksanakan dengan tertib dan lancar, beliau berharap agar pelayanan ini perlu ditingkatkan terus sehingga membuat masyarakat dimana hal ini adalah pelamar merasa nyaman. "Saya mengapresiasi atas kerja keras panitia yang sudah tau peran dan tanggung jawabnya masing-masing. Mari kita laksanakan tugas ini dengan baik dan profesional sesuai aturan, utamakan komunikasi dan sinergi yang efektif demi pelayanan prima yang PASTI” ujarnya.

Pelaksanaan tahapan seleksi ini akan berlangsung selama 5 hari kedepan yakni mulai tanggal 16 - 20 Desember 2019 dimana peserta yang lulus seleksi administrasi telah dibagi kedalam kelompok hari, tanggal dan waktu yang telah ditentukan di pengumuman untuk jadwal kedatangan. Setelah lolos di pengukuran tinggi badan, nantinya para peserta baru dapat memverifikasi berkas asli kepada panitia seleksi. Sedangkan bagi para peserta dengan tinggi badan yang tidak sesuai dengan ketentuan pihak panitia menyatakan gugur dan bisa langsung pulang dan otomatis tidak dapat melanjutkan verifikasi berkas asli.

Untuk kriteria tinggi badan yang lolos, baik peserta laki-laki dan perempuan dibedakan jika laki-laki tingginya minimal harus 160cm, dan untuk yang perempuan 155cm. Verifikasi dokumen asli merupakan suatu keharusan untuk melihat keabsahan dan kebenaran terkait standar nilai yang telah ditentukan oleh panitia pusat.

Kadivmin yang juga sebagai Ketua Panitia Daerah Seleksi CPNS Tahun 2019 (Sucipto) meminta kepada semua panitia verifikasi untuk menjunjung transparansi terutama di Pengukuran Tinggi Badan yang dapat juga mewujudkan pelayanan publik berbasis HAM dan perlu adanya ketegasan dari panitia terkait area lokasi tes yang harus steril tidak boleh ada kendaraan peserta CPNS yang masuk demi kenyamanan dan kelancaran acara.

Diakhir pelaksanaan seleksi administrasi ini terdapat diantaranya 146 peserta yang tidak hadir, 88 peserta yang gugur di tahapan pengukuran tinggi badan, dan 6 peserta yang gugur di tahapan verifikasi dokumen asli. Sehingga dari total 980 peserta hari ini, 740 pelamar pun sudah langsung mendapatkan kartu ujian untuk melanjutkan perjuangan di tahap CAT mendatang.

Di akhir briefing dihadapan panitia yang bertugas Sucipto mengatakan “tetap semangat kepada para panitia yang bertugas, masih ada 4 hari lagi untuk rekan-rekan melayani para pelamar, tunjukkan pelayanan yang prima sebagaimana aturan yang sudah ditentukan, dan bagi para pelamar yang dinyatakan gagal  karena tinggi badan untuk tetap semangat, gagal menjadi bagian kemenkumham bukan berarti gagal untuk menjadi sukses di tempat yang lain, untuk pelamar yang  gugur pada tahapan verifikasi dokumen asli  jangan berputus asa, persiapkan waktu yang ada untuk  mengikuti tes penerimaan yang akan datang” ujarnya. (Red-dok, Humas Kalteng, Des ’19).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook