Luar Biasa, Stan Divisi Pas Kalteng Dalam Lomba Souvenir Raih Predikat Juara Pertama Diajang PUN 2018

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 06 April 2018 19:31, Dibaca 819 kali.


MMCKalteng -  Harapan untuk membawa nama harum daerah akhirnya tercapai, hal ini dikarenakan pada lomba soevenir untuk hotel yang diikuti Stan Divisi Pemasyarakatan pada event Pameran Produk Unggulan Narapidana (PUN) Tahun 2018 di Kementerian Perindustrian RI di Jakarta yang berlangsung dari tanggal 3 sampai dengan 6 April 2018 telah meraih predikat juara pertama mengalahkan  produk souvenir dari 32 Stan Divisi Pemasyarakatan Se-Indonesia. Kepala Divisi Pemasyarakatan Anthonius Mathius Ayorbaba usai menerima hadiah yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI tampak sumringah dan begitu gembira. Menurutnya ini adalah sesuatu yang sangat luar biasa yang diraih oleh Stan Divisi Pemasyarakatan Kalimantan Tengah yang pastinya membawa nama harum bagi daerah dan Pemasyarakatan di Kalimantan Tengah.

Dijelaskannya, Seni Kerajinan Getah Nyatu yang didesain oleh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah mendapat nilai tertinggi dari hasil penilaian tim juri indipenden yang terdiri dari Manajemen Hotel Accor Indonesia, Scond Change Foundations serta Ditjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian RI. Karena dari produk tersebut memiliki smua criteria yang tim juri ajukan dalam lomba. Selain itu juga kata Anthon, dalam penilaiannya tim juri juga menyebutkan bahwa produk sni kerajinan getah nyatu yang ditampilkan stan kita terdiri dari banyak kategori mulai dari yang besar sampai yang kecil. Menurut mereka, ini dikerjakan dengan takaran dari konsumsi jumlah bahan yang berbeda dan merlukan keahlian dan ketelitian, akan tetapi itu semua bisa dikerjakan dengan baik dan memiliki jiwa seni dan nilai ekonomi dan hal ini bisa dikerjakan oleh WBP Kalimantan Tengah.

(Baca Juga : LPKA Palangka Raya Dapat Bantuan Obat-Obatan dari Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya)

Ditambahkannya, bahwa produk seni kerajinan getah nyatu produksi WBP Rutan Palangka Raya sebelumnya pernah mendapat perhatian dari orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai Kalimantan Tengah, yang kala itu Gubernur bersama Ibu membeli langsung produk hasil karya warga binaan kita di event Gelar Karya Kalteng Tahun 2018 beberapa waktu lalu di Palangka Raya. Atas dasar itulah kami dari Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah berusaha ingin menampilkan produk asli daerah yang juga dibuat dari WBP kita sebagai produk unggulan dipagelaran nasional oleh Kementerian Perindustrian RI ini.

Berdasarkan informasi yang didapat, bahwa produk unggulan narapidana tahun 2018 ini nantinya akan diikut sertakan Kementerian Perdagangan RI dalam event yang berskala internasional dimana salah satu produk kita dari Kalimantan Tengah yakni Seni Kerajinan Getah Nyatu akan tampil dan diikutkan dalam acara tersebut.  Atas raihan prestasi ini yang kita dapatkan ini semoga bisa membawa nama harum daerah dikancah nasional dan internasional karena ini kita raih atas pembinaan yang kita lakukan kepada para warga binaan diseluruh Lapas/Rutan Provinsi Kalimantan Tengah. Oleh karena itu Anthon berharap kepada Pemeintah Daerah baik itu Gubernur maupun Para Bupati agar mendukung program pembinaan yang kita lakukan, terutama dalam pengembangan seni kerajinan getah nyatu yang merupakan produk asili daerah. Mudah-mudahan nanti kedepan seni kerajinan getah nyatu hasil karya WBP kita menjadi sebuah ikon daerah, yang nantinya bisa menjadi souvenir kepada tamu-tamu kehormatan pemerintah daerah provinsi dan Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Tengah, kata Anthon diamini Arief Gunawan Kabid Keamanan selaku Koordinator Tim Pameran Divisi Pemasyarakatan Kalimantan Tengah. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Mar 2018).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook