Kembangkan Budidaya Ikan Air Tawar, LPKA Palangka Raya Butuh Perhatian Pemerintah Daerah

Kontribusi dari Pemasyarakatan Kalteng, 03 Juli 2019 17:49, Dibaca 406 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - (03/07) Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Palangka Raya dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai sarana pemberian pelayanan, Perlindungan, Pembimbingan, Pembinaan dan Pendidikan bagi Anak Didik Pemasyarakatan (Andikpas) melakukan sebuah inovasi pembinaan kegiatan kerja melalui budidaya ikan air tawar. Hal ini dikatakan Mubasiruddin Kepala LPKA kepada Tim dari Divisi Pemasyarakatan saat melakukan pemantauan kegiatan kerja ke LPKA pada Rabu (03/07). 

Dikatakannya, bahwa sekitar 2 bulan yang lalu pihaknya sudah berhasil membuat dua buah kolam untuk budidaya ikan air tawar. Menurutnya dengan dibuatnya kolam ikan tersebut sebagai upaya pembinaan kegiatan kerja LPKA yang berproyeksi kedepan menjadi salah satu Lapas produksi dan bisa menghasilkan PNBP bagi negara. 

(Baca Juga : Pemasyarakatan Kalteng ikuti video conference dengan Sekjen Kemenkumham RI dan Dirjen Pemasyarakatan Terkait Percepatan Penyelenggaraan Revitalisasi Pemasyarakatan)


Memang dana pembinaan yang dimiliki LKPA untuk kegiatan kerja tidak ada akan tetapi dengan  swadaya dari para petugas kita bisa menyiapkan bibit ikan bawal sebanyak 1000 ekor, 500 bibit nila dan 200 ekor bibit ikan gurami.  Saat ini ikan sudah terlihat besar hampir seukuran telapak tangan orang dewasa, artinya tidak memakan waktu yang lama lagi pihaknya sudah bisa melakukan panen perdana. 

Harapannya dengan adanya kegiatan kerja seperti ini bisa menjadi manfaat dalam melaksanakan tugas dan fungsi LPKA baik dari sisi petugas maupun bagi Andikpas sendiri. Selain itu juga bisa menjadi salah satu pemasok ikan air tawar untuk kota Palangka Raya dan sekitarnya. 


Pihaknya juga berharap dari kegiatan seperti ini dan juga didukung dengan adanya ketersedian lahan yang cukup luas keberadaannya pihak berharap kepada pemerintah daerah dan juga instansi terkait bisa membantu kita dalam hal pengembangan budidaya ikan air tawar ini. 

Sementara Kepada Bidang Pembinaan Divisi Pemasyarakatan (Jevius J. Siathen) mengapresiasi langkah yang telah dilakukan pihak LPKA Palangka Raya. Menurutnya dengan lahan yang ada tersebut banyak hal –hal yang bisa dilakukan selain budidaya ikan.  Misalkan kita bisa lakukan ternak ayam, buat kebun sayur dan lainnya sehingga kedepan untuk menciptakan Lapas produksi bisa terwujud dengan baik. Create : Subbid Pembinaan, TI dan Kerjasama.

Pemasyarakatan Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook