Plt. Kakanwil didampingi Kadiv Pas Kroscek Pelarian 2 Orang WBP Rutan Kelas II A Palangka Raya

Kontribusi dari Pemasyarakatan Kalteng, 25 Juli 2019 01:54, Dibaca 208 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Pada Selasa kemaren (23/07) 2 orang WBP Rutan Kelas II A Palangka Raya atas nama Mohammad Efendi alias Fendi Bin Ahmad Suardi 23 Tahun serta Badarudin alias Udi Bin Misran 21 Tahun melakukan pelarian meninggalkan Rutan Palangka Raya. Hal ini diketahui ketika pada saat selesai kegiatan pertanian yang merupakan program assimilasi dihalaman belakang Rutan Palangka Raya kedua WBP tersebut tidak kembali, ungkap Kepala Rutan Akhmad Zaenal Fikri (24/07).

Dari keterangan WBP yang ikut dalam program Assimilasi kedua rekan mereka tersebut beralasan untuk mencari ranting kayu untuk bahan membakar ikan dan jagung hasil pertanian yang mereka lakukan. Tanpa merasa curiga sedikitpun baik dari rekan dan petugas keduanya menuju lahan kosong disamping rumah dinas pegawai yang berbatasan langsung dengan tembok Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Palangka Raya yang berupa semak dan rawa. Menurut Fikri diperkirakan kedua WBP tersebut melarikan diri sekitar pukul 15.30 WIB dan diprediksi mereka melompat melalu tembok perbatasan PTUN karena selain temboknya agak rendah ada palang pintu terlihat berdiri bersandar ketembok sebagai sarana mereka untuk memanjat.

(Baca Juga : Lapas dan Rutan se-Kalteng Turut Andil Pecahkan Rekor MURI Tari Kolosal Indonesia Bekerja)


Dari data sementara yang beredar bahwa kedua WBP tersebut terlibat kasus utang piutang karena merasa takut ditagih mereka mengambil keputusan untuk melarikan diri, padahal seperti kita ketahui bersama kedua WBP tersebut sudah menjalani 2/3 masa pidana dan sedang mengikuti program assimilasi sebentar lagi bebas. Dengan kejadian pelarian ini pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian baik Polda maupun Polres untuk melakukan back up serta pengejaran tersangka.

Menaggapi kejadian yang dialami Rutan Kelas II A Palangka Raya, Plt. Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalteng (Bambang Iriana Djajaatmadja) dari baru tiba dari Jakarta dari Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya didampingi Kadiv Pemasyarakatan (Hanibal), Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM (Cahyani Suryandari), Kabid Pembinaan Jevius J. Siathen dan Kasubid Keamanan dan Ketertiban Joko Prayitno serta Kasubid Pembinaan Pirhansyah melakukan kroscek langsung ketempat kejadian perkara.


Di Lokasi Pertanian Rutan tersebut Plt. Kakanwil diberikan penjelasan langsung oleh Kepala Rutan bahwa lokasi pertanian semua sisi dikelilingi oleh perumahan petugas kecuali yang samping yakni berbatasan dengan tembok PTUN dan diperkirakan pelariannya melewati jalan ini.

Dalam tanggapannya Plt. Kakanwil mengatakan bahwa hal ini merupakan sebuah peringatan bagi kita para petugas untuk selalu lebih waspada dan hati-hati dalam tugasnya. Karena setiap saat pikiran orang bisa berubah walaupun sebentar lagi akan bebas tetapi kalau ada waktu dan kesempatan untuk lari bukan suatu hal yang mustahil mereka akan lari.

Sementara Kepala Divisi Pemasyarakatan (Hanibal) mengatakan bahwa kedua WBP yang melarikan diri tersebut dan mudah-mudahan saja tidak menunggu waktu yang lama dalam pengejaran mereka berdua akan tertangkap. Dan haknya akan kita cabut, serta proses hukum selanjutnya. Create : Subbid Pembinaan, TI dan Kerjasama.

Pemasyarakatan Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook