Monev Ke Rutan Kapuas, Kadiv Pemasyarakatan bersama Tim Kamtib Kantor Wilayah lakukan 3 Kegiatan.

Kontribusi dari Pemasyarakatan Kalteng, 29 Juli 2019 17:12, Dibaca 343 kali.


Kuala Kapuas (29/07) Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv PAS) Hanibal didampingi Tim Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah melaksanakan Monitoring dan Evaluasi ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kuala Kapuas selama 2 hari yakni 26 sampai 27 Juli 2019. 

Dalam kegiatan monev pada hari pertama di Rutan Kuala Kapuas, Kadiv PAS memberikan arahan serta penguatan terkait pelaksanaan tugas dan fungsi Rutan sebagai tempat pelayanan dan pembinaan tahanan. 

(Baca Juga : Kalapas Muara Teweh Beri Arahan WBP Blok Pesantren)

Pada kegiatan tersebut  Plh. Karutan Kapuas (Andreas) mengucapkan terima kasih atas kedatangan Kepala Divisi Pemasyarakatan beserta rombongan Tim Kamtib dalam rangka monitoring dan evaluasi terkait pelaksanaan tugas dan fungsi petugas di Rutan Kuala Kapuas. Andeas menyampaikan bahwa saat ini Rutan Kuala Kapuas dihuni 390 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dengan jumlah petugas seluruhnya berjumlah 60  orang. 

Sementara Kadiv PAS (Hanibal) dalam arahannya mengatakan bahwa kedatangannya beserta rombongan ke Rutan Kuala Kapuas dalam rangka Monitoring dan Evaluasi yang didalam kegiatan monev tersebut selain pengarahan kepada seluruh petugas kita juga akan melaksanakan kegiatan tes urine petugas serta penggeledahan yang akan dilakukan oleh Tim Satgas Kamtib Kantor Wilayah. 

Dalam arahannya Kadiv Pas meminta agar petugas Rutan memiliki integritas dan loyalitas, tanggap terhadap situasi dan keadaan serta disiplin dalam menjalankan tugas. Hal ini tentu saja untuk kebaiakan organisasi yang kita jalankan. Seorang Petugas juga harus paham dan menjiwai akan tugasnya, ikhlas dalam bertindak dan cekatan dalam mengambil keputusan. Apabila demikian adanya tentunya hal-hal yang menyimpang tidak akan terjadi. 

Tugas kedepan tentu akan semakin komplek, oleh karena itu tetap laksanakan Rutan yang anti Halinar (Bebas dari peredaran Handphone, Pungli dan Narkoba). Seorang petugas harus selalu memotivasi diri untuk terus maju melakukan perubahan-perubahan kearah yang lebih baik. Selalu bersaing untuk menjadi role model bagi WBP misalkan dalam tingkah laku maupun dalam berpakaian, serta berikan pelayanan yang baik dengan teknik pendekatan kepada WBP agar mereka memahami akan tugas mulia yang kita lakukan, ucap Kadiv Pas. 


Sementara pada hari kedua pelaksanaan Monev, Tim Satgas Kamtib melaksanakan dua kegiatan penting yakni Tes Urine Petugas dan Penggeledahan ke Blok Napi Narkoba. 

Pada kegiatan tes Urine, dari jumlah 60 orang Petugas Rutan sebanyak 49 diantaranya telah mengikutinya sedangkan 11 lainnya ada yang melaksanakan cuti dan sakit. Dari hasil pemeriksaan kita ketahui bahwa dari 49 tersebut semuanya negatif dan tidak ada terindikasi mengkonsumsi narkoba.

Sementara pada kegiatan penggeledahan yang dilakukan ke Blok Narkoba, Petugas telah menyita barang-barang yang seharusnya dilarang masuk kedalam blok maupun kamar WBP. Barang-barang yang berhasil disita petugas tersebut meliputi Charger HP 2 buah, Headset 3 buah, sendok stainless 3 buah, Gelas Kaca 1 buah, Kartu remi 4 kotak, kartu domino 5 kotak dan korek api gas sebanyak 18 buah. 


Atas hasil dari dua kegiatan yang telah dilaksanakan pada hari kedua pelaksanaan monev, Kadiv Pas memberikan respon positif terhadap apa yang sudah dijalankan. Artinya baik petugas maupun WBP tidak ada yang mempunyai keterkaitan dengan narkoba baik itu untuk konsumsi maupun peredarannya. Menurutnya hal ini tetap dan terus dipertahankan karena kedepan Rutan Kuala Kapuas akan dijadikan untuk Lapas Minimum di Provinsi Kalimantan Tengah. 

Program anti Halinar tetaplah terus dijalankan karena selain untuk menjaga citra dan kewibawaan petugas, juga untuk kebaikan organisasi yang kita cintai bersama. Dan yang tidak kalah pentingnya terkait dengan dapur umum hendaknya selalu jaga kebersihan lingkungan dapur agar makanan tidak terkontaminasi penyakit serta aman untuk dikonsumsi warga binaan. Papan Menu hendaknya dibikin besar dan dipasang ditembok agar untuk memudahkan petugas melakukan pengawasan dan memudahkan kita apabila suatu saat melakukan pemeriksaan dari inspektorat. Menurutnya kedepan pihaknya akan kembali melakukan monev ke Rutan Kuala Kapuas, sebagai bentuk evaluasi dalam rangka menuju perubahan yang lebih baik lagi dari sekarang ini, ungkap Kadiv Pas Hanibal.  Create : Subbid Pembinaan, TI dan Kerjasama.

Pemasyarakatan Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook