244 WBP Rutan Tamiang Layang Dapat Arahan Khusus Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalteng

Kontribusi dari Pemasyarakatan Kalteng, 30 Agustus 2019 18:56, Dibaca 688 kali.


MMCKalteng - Barito Timur - Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv PAS) Hanibal bersama Tim Satuan Tugas Keamanan dan Ketertiban (Satgas Kamtib) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah diantaranya Kabid Keamanan (Arief Gunawan), Kabid Pembinaan (Jevius J. Sianthen), Kasubbid Keamanan (Joko Prayitno), Kasubbid Pembinaan, TI dan Kerjasama (Pirhansyah) dan Staf melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) ke  Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Tamiang Layang di Kabupaten Barito Timur yakni sejak (29-30 Agustus 2019). 

Tiba dilokasi, rombongan disambut langsung Kepala Rutan Kelas II B Tamiang Layang (Wahyudi) beserta seluruh Pejabat dan Staf Rutan Tamiang Layang. Kemuadian Kepala Divisi beserta rombongan langsung melakukan peninjauan ke beberapa area blok napi dan tahanan baik itu napi dan tahanan laki-laki maupun perempuan. 

(Baca Juga : Bidang Pertanian Menjadi Salah Satu Program Pembinaan Rutan Palangka Raya)

Saat melakukan peninjauan, tampak seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) baik itu napi maupun tahanan kumpul di depan teras kamar masing-masing blok seakan mereka menunggu kedatangan orang nomor satu di Pemasyarakatan Kalimantan Tengah ini. Tiba-tiba saja tanpa disadari mereka (WBP) Kadiv Pas (Hanibal) menanyakan langsung ke beberapa napi yang sedang asik duduk mengatakan siapa yang merokok tolong angkat tangan? Merasa sedikit kebingungan puluhan napi pun mengacungkan jarinya. Disaat itu juga Kadiv Pas meminta agar yang merokok tersebut bisa memungut kembali puntung rokok yang berserakan dihalaman kamar blok. Menurutnya kenapa demikian, karena ini merupakan tanggung jawab dari seorang perokok, dan harusnya membuang puntung rokok tersebut di asbak ataupun tempat sampah yang telah disediakan.


Kemudian Kadiv Pas meminta kepada petugas Rutan agar dapat mengumpulkan seluruh WBP karena ada beberapa hal khusus yang ingin disampaikan kepada mereka. Dalam arahannya kepada 244 orang WBP Kadiv Pas menjelaskan kedatangannya bersama Tim Satgas Kamtib Kantor Wilayah ke Rutan Tamiang Layang dalam rangka melaksanakan monitoring dan evaluasi atas kinerja yang telah dilakukan. Selain itu juga ingin menyampaikan hal-hal penting terkait keadaan Rutan Tamiang Layang saat ini. 


Dikatakannya, bahwa Kami para petugas, tidak ada yang mengundang dan meminta Anda datang kesini, akan tetapi kalian sendirilah yang datang sendiri. Oleh karena itu dirinya berpesan agar saat berada di Rutan Tamiang Layang kalian semua berkelakuan baik. Jaga kondisi lingkungan yang sudah aman ini, hormati Petugas dan patuhi aturan yang ada disini dan yang tidak kalah pentingnya menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari penyakit.  Jangan membawa pakaian terlalu banyak karena kalian kesini bukannya pindah rumah, melainkan menjalani binaan, jadi seadanya saja dan pihak Rutan pun juga sudah menyiapkan pakaian baik itu untuk petugas tamping, Tahanan maupun Napi.

Kemudian Kadiv Pas juga mengingatkan agar para WBP untuk tidak tidur di jam-jam rawan seperti pada pukul 9-10 pagi ataupun pukul 15-16 sore mengingat pada jam tersebut nyamuk demam berdarah berkeliaran dan siap menyerang bagi siapa saja yang tidur pada saat itu. Lebih baik kalian beraktifitas ataupun berolah raga sehingga badan tetap  sehat dan tentunya tidak merepotkan kami sebagai petugas.

Terkait kekurangan air yang melanda Rutan Tamiang Layang mohon dimaklumi, karena seperti kita ketahui bersama bahwa musim kemarau saat ini sangat panjang terlebih sumber mata air disini mengalami kekeringan. Akan tetapi pihak Rutan telah mendapatkan bantuan air bersih dari Pemerintah Daerah setempat yang setiap harinya akan menyuplai air sebanyak dua tangki, tutur Kadiv Pas.

Selanjutnya Kepala Rutan Kelas II B Tamiang Layang  mengucapkan terima kasih  atas arahan dan motivasi yang diberikan Kepala Divisi Pemasyarakatan beserta rombongan Tim Kamtib yang secara khusus memberikan arahan langsung kepada WBP kita. Tentu hal ini menjadi manfaat bagi kita bersama oleh karena itu mari mulai dengan diri sendiri kita laksanakan perintah ini dan menjadi tanggungjawab kita bersama, terang WahyudiCreate : Subbid Pembinaan, TI dan Kerjasama.

Pemasyarakatan Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook