Plh. Kasubsi Kamtib Lakukan Kontrol Kesiapsiagaan Petugas Pengamanan

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 22 Juli 2021 14:26, Dibaca 92 kali.


MMCKalteng - Sukamara - Pastikan Petugas siap dan siaga dalam melakukan fungsi pengamanan, Kasubsi Kemanan dan Ketertiban meluncur langsung ke Pos Kepala Regu Pengamanan untuk mengontrol kesiapsiagaan petugas dalam melakukan penjagaan dan pengawasan pada Warga Binaan dan seluruh area lingkungan Lapas, Kamis (22/7/2021). Kontrol ini dilakukan untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan tugas dan fungsi keamanan ketertiban agar terciptanya Lapas yang aman dan kondusif, sehingga perlu dilakukan upaya preventif dari petugas keamanan yang meliputi Kepala Regu Pengamanan (Karupam) dan para Anggota Regu.


Selain itu, kontrol oleh Plh Kasubsi Kamtib ini juga dalam rangka mengevaluasi kinerja pegawai khususnya pada Petugas Pengamanan dalam melaksanakan tugasnya, sehingga dapat dilakukan rotasi terhadap kepala regu maupun anggota regu bilamana pelaksanaan tugas tidak dilaksanakan dengan disiplin dan bertanggungjawab, karena sangat banyak kemungkinan resiko yang dapat terjadi bilamana Petugas lalai dalam melakukan pengawasan dan kontrol keliling, seperti resiko perkelahian atau pelarian. Plh. Kasubsi Kamtib, Zainuddin dalam kesempatan ini menyampaikan kontrol kesiapsiagaan pegawai perlu dilakukan untuk memastikan pelaksanaan tugas berjalan dengan baik dan disiplin serta dalam rangka pencegahan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban Lapas.

(Baca Juga : KUA Gunung Bintang Awai Sosialisasikan Wali Nikah Melalui Penyuluh)


"Kontrol kesiapsiagaan Pejabat sangat penting memastikan bahwa setiap anggota Regu Pengamanan standby untuk menempati pos masing-masing sesuai regulasi yang ada di Buku Laporan Penjagaan," tuturnya.

Zainuddin juga menambahkan hal ini juga merupakan evaluasi terhadap kinerja Pegawai dalam menjalankan tugas. "Kontrol ini juga tak kalah penting untuk memantau secara langsung terhadap kinerja Pegawai, yang mana nantinya terhadap Pegawai yang disiplin dalam melaksanakan tugas akan kita berikan apresiasi. Selain itu hal yang tidak kalah penting adalah kesiapsiagaan dalam melaksanakan fungsi pengamanan, karena merupakan kunci utama untuk menciptakan kondisi Lapas yang aman dan kondusif," tambahnya.(Red-Dok, Kumham Kalteng, Juli 2021)

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook