LPKA Palangka Raya Terima Anak Didik Pemasyarakatan dari Rutan Buntok

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 24 Februari 2021 11:18, Dibaca 76 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Timur - Koordinasi forum gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Kecamatan Mentawa Baru Ketapang Kotawaringin Timur, Sampit, yang diselenggarakan oleh Puskesmas Ketapang I  pada hari Selasa (23/2/2021), diikuti Tim Kesehatan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sampit yang diwakili oleh Daut Arisandi, bertempat di Aula Kecamatan MB. Ketapang. Hadir perwakilan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah tingkat Kecamatan MK. Ketapang, perwakilan Kelurahan, unsur TNI/Polri, dan jajaran Puskesmas Ketapang I Kecamatan Mentawa Baru Ketapang.

Emi Mulyani selaku Kepala Puskesmas Ketapang I Kabupaten Kotawaringin Timur dalam paparannya menjelaskan bahwa, "Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah merupakan semua perwujudan perilaku kesehatan, dengan penuh kesadaran sehingga anggota keluarga mampu menolong dan memberikan keadaan sehat pada dirinya sendiri," jelas Emi.

(Baca Juga : WBP Rutan Kuala Kapuas Ciptakan Lingkungan Bersih, Indah dan Nyaman)

"Dalam  hal kesehatan  dapat berperan aktif untuk melakukan kegiatan-kegiatan kesehatan di masyarakat," tuturnya.


"PHBS ini diharapkan menjadi perhatian dari setiap masyarakat, antara lain adalah di lingkungan rumah tangga, sekolah, tempat kerja (kantor), fasilitas umum dan fasilitas kesehatan," harapnya.

"Perilaku Hidup Bersih dan Sehat ini sangat penting dan sangat bermanfaat bagi kita semua dalam berperilaku hidup yang baik dalam rangka menunjang tetap terjaganya kesehatan kita serta lingkungan kita," pungkasnya.

Sementara, Tim Kesehatan Lapas Sampit, Daud Arisandi menyampaikan, "Kegiatan ini sangat penting bagi kami dalam rangka menambah pengetahuan sebagai bahan untuk mengambil langkah-langkah strategis, pencegahan maupun perawatan kesehatan yang dilakukan melalui penerapan pola hidup bersih dan sehat, baik para warga binaan maupun petugas," tuturnya.


Sementara di tempat yang berbeda, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Sampit, Agung Supriyanto berkesempatan menyampaikan, "Lapas Sampit merupakan mitra kerja Puskesmas Ketapang I sangat mendukung gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, karena dengan terbentuknya pola perilaku dari pribadi masing-masing akan berdampak positif bagi sebuah organisasi," ucap Agung Supriyanto.

"Budayakan pola hidup bersih dan sehat ini kepada seluruh pegawai dan seluruh warga binaan agar Lapas Sampit selalu terjaga kebersihannya yang akhirnya berdampak dengan tercipta serta terjaganya kesehatan semua insan yang ada di Lapas Sampit," tegas Agung Supriyanto. (Red-dok, Humas Kalteng, Februari 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook