Petugas Rutan Buntok Dilatih Fisik, Mental dan Disiplin

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 03 Februari 2021 14:02, Dibaca 191 kali.


MMCKalteng - Barito Selatan – Dalam rangka peningkatan kemampuan dan keterampilan petugas pengamanan pada Lapas/Rutan, tiga orang petugas Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Buntok mengikuti pelatihan menembak dan pemeliharaan senjata api pada hari ini di Lapangan Tembak Sekolah Polisi Negara (SPN) Tjilik Riwut Polda Kalteng, Bukit Rawi, Rabu (3/2/2021). Kepala Rutan Buntok Mastur sebagai salah satu peserta dalam pelatihan menembak kali ini menyampaikan bahwa pentingnya mengikuti kegiatan seperti ini khususnya bagi petugas Rutan Buntok guna meningkatkan kemampuan/kapasitas seorang petugas pengamanan dalam menghadapi ancaman gangguan kamtib yang membahayakan jiwa maupun hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kegiatan seperti ini penting untuk diikuti terutama bagi petugas Rutan Buntok karena pada pelatihan menembak ini fisik, mental dan disiplin kita sebagai petugas pengamanan akan dilatih serta kemampuan dalam menggunakan senjata api,” jelasnya.

(Baca Juga : Lapas Sampit Dukung Program Vaksinasi Covid-19)


Pelatihan menembak ini diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah yang diikuti oleh seluruh Unit Pelaksana Teknis se-Kalimantan Tengah dan bekerja sama dengan pihak SPN Polda Kalteng. Kegiatan ini dipimpin oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalteng Ilham Djaya yang diwakilkan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kalteng Jumadi pada saat upacara pembukaan.

Dalam sambutan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalteng yang dibacakan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan guna meningkatkan fisik, mental dan disiplin petugas Lapas/Rutan khususnya di bidang pengamanan dalam penggunaan alat pendukung pengamanan yaitu senjata api.


“Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya dalam meningkatkan potensi kemampuan petugas dalam penggunaan alat pendukung pengamanan yaitu senjata api. Sarana dan prasarana tersebut tentu sangat diperlukan dalam mendukung proses pembinaan serta sebagai upaya pencegahan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Sebelum pelatihan menembak dimulai, peserta diberikan pelatihan dan pembimbingan langsung oleh instruktur khusus dari SPN mengenai cara penggunaan senjata api dengan tepat dan benar guna menghindari kesalahan dalam pelaksanaan. (Red-dok, Humas Kalteng, Februari 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook