Lapas Palangka Raya Sulap Limbah Sayuran Jadi Pupuk Kompos Kering

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 09 Maret 2021 08:46, Dibaca 48 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Seksi Kegiatan Kerja Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya membuat inovasi lainnya yaitu Pupuk Kompos dari bahan limbah organik seperti sisa potongan sayur-sayuran, Senin (8/3/2021). Seksi Kegiatan Kerja yang memiliki tugas menyiapkan pelaksanaan bimbingan latihan kerja terutama di bidang pertanian dan perkebunan, sangat membutuhkan pupuk. Oleh karena itu dengan membuat sendiri pupuk dari limbah yang ada maka akan meningkatkan kreativitas Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), serta sangat mudah, hemat, dan ramah lingkungan.


Pada kesempatan ini, Staf Kegiatan Kerja, Toni Febrian secara langsung membimbing dan mengawasi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) membuat Pupuk Kompos di Bengkel Kerja Lapas Palangka Raya. Dewasa ini, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sampah rumah tangga termasuk ke dalam masalah yang belum terselesaikan secara efektif.

(Baca Juga : Datangi Rutan Kuala Kapuas, PK Bapas Palangka Raya Gali Data WBP )


Meski telah tersedia fasilitas dari pemerintah berupa tempat pembuangan sampah (TPS), pada akhirnya sampah-sampah tersebut hanya dikumpulkan menjadi gunungan sampah di tempat pembuangan akhir (TPA) tanpa adanya tindakan lebih lanjut. Salah satu bahan yang sangat potensial untuk diolah menjadi kompos adalah sampah organik rumah tangga. Pengolahan sampah rumah tangga menjadi kompos memiliki manfaat ganda, yaitu mengatasi masalah sampah rumah tangga, sekaligus mendapatkan pupuk organik yang sangat bermutu.

Toni menyampaikan, “Kami ingin menumbuhkan kepedulian dan kesadaran Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun petugas sehingga bijak dalam mengelola sampah agar menjadi bernilai lebih. Di dalam rumah tangga itu kita bisa memanfaatkan sampah atau mendaur ulang sampah dan bahkan membatasi sampah itu agar nilainya lebih berkah lagi,” ujar Toni. (Red-dok, Humas Kalteng, Maret 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook