Rupbasan Palangka Raya Ikuti Rapat Koordinasi Persiapan Desk Evaluasi

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 20 Oktober 2020 16:41, Dibaca 124 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Dalam rangka evaluasi Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) sekaligus Evaluasi Kesiapan Satuan Kerja dalam menghadapi Penilaian oleh Tim Penilai Nasional (TPN),  Rupbasan Kelas I Palangka Raya mengikuti Kegiatan Rapat Koordinasi persiapan Desk Evaluasi Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan   Kementerian Hukum dan Ham secara virtual Zoom oleh Sekretaris Jenderal Bambang Rantam Sariwanto, Selasa (20/10/2020). Acara dibuka staf Ahli bidang ekonomi Razilu dilanjutkan pemberian arahan oleh Sekretaris Jenderal.

Dalam arahannya, beliau menyampaikan kepada Kepala Satuan Kerja agar menyiapkan paparannya dalam menghadapi Tim Penilai Nasional (TPN), memperhatikan konsistensi dan implementasi dalam materi yang dipaparkan yang nanti akan diberikan waktu kurang lebih dua puluh menit. Kemudian dalam yel-yel yang ditampilkan apakah sudah menjadi mindset kepada seluruh pegawai juga harus sangat diperhatikan. Karena ketika apa yang dipaparkan oleh Kepala Satuan Kerja dalam menyampaikan enam area perubahan tersebut tidak melakukan konsistensi dalam pelaksanaannya, maka akan mengurangi point dalam penilaian yang dilakukan TPN.

(Baca Juga : Wakil Bupati Bersama GOW Kotim Peduli WBP Lapas Sampit)

Selanjutnya, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan Staf Ahli Menteri Bidang Sosial Min Usihen, beliau mengucapkan Selamat kepada seluruh satker yang telah berhasil membawa satuan kerjanya untuk lanjut dalam menghadapi Desk Evaluasi memperoleh Wilayah Bebas dari Korupsi menuju Zona Integritas. Kepala Satuan Kerja yang melakukan paparan harus dibuat dengan baik dan semenarik mungkin agar bisa menggambarkan keseluruhan program dan kegiatan yang diimplementasikan di satuan kerjanya masing–masing. Dalam paparannya selain menyampaikan tentang enam area perubahan, harus juga mengutamakan output dalam inovasi yang diciptakan dan memahami proses demi proses atau setiap tahap dalam membangun Zona Integritas yang dilakukan.


Y. Ambeg Paramarta selaku staf ahli bidang Politik dan keamanan menambahkan, "Kita harus bangga karena Kementerian Hukum dan Ham merupakan lembaga yang mengusulkan satuan kerja terbanyak dalam tahap Desk Evaluasi tahun 2020 ini. Desk Evaluasi ini marupakan satu tahapan lanjutan dari evaluasi sebelumnya, strategi yang diharapkan kepada Kepala Satuan Kerja dalam menyampaikan paparan tidak hanya bersifat normatif, tetapi lebih kepada hasil yang menjelaskan proses dan menunjukkan apa saja yang sudah dilakukan di lapangan. Karena paparan kali ini dilakukan secara virtual maka harus menampilkan kesan yang menarik untuk lebih meyakinkan kepada tim TPN, serta menggunakan bahasa yang lugas dan jelas dalam menyampaikan paparan," ucapnya.

Staf Ahli Bidang Ekonomi Razilu dalam arahannya menyampaikan, "Dalam penilaian Zona Integritas before dan after harus diutamakan dalam penyampaian paparan tentang enam area perubahan dalam satuan kerjanya, sasaran strategi dalam pencapaian internalisasi budaya yang dilaksanakan dengan menunjukkan dokumentasi kegiatan yang telah dilaksanakan di satuan kerjanya masing - masing. Seluruh Kepala Satuan Kerja juga harus memastikan seluruh nomor pengaduan, baik nomor telepon atau media sosial berfungsi dengan baik. Selanjutnya memberikan kompensasi pelayanan kepada pengguna layanan ketika pemberi layanan tersebut lambat dalam melakukan pelayanannya. Dan hal yang terpenting adalah setiap Satuan Kerja mempunyai sikap yakin pasti bisa WBK," imbuhnya.


Marasidin selaku Tim TPI mengharapkan kepada satuan kerja untuk lebih meningkatkan sosialisasi di media sosial masing – masing  bahwa satker tersebut telah melakukan pelayanan secara prima dan anti gratifikasi, sekaligus menerangkan kondisi bahwa seluruh pegawai berperan aktif dalam proses dari awal sampai akhir dalam memperoleh predikat WBK. (Red-dok, Humas Kalteng, Oktober 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook