Belasan UMKM Terima Sertifikat Halal

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 29 Maret 2021 08:50, Dibaca 7 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Sebanyak 12 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) menerima sertifikat halal. Penyerahan dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah, H. Abd. Rasyid, Senin (29/3/2021), di aula Kanwil Kemenag Kalteng.

Sertifikat halal diterbitkan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) berdasarkan penetapan halal produk Majelis Ulama Indonesia (MUI). Kakanwil H. Abd. Rasyid menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pelaku UMKM yang telah mendaftarkan produknya ke BPJPH untuk mendapat sertifikat halal.

(Baca Juga : Optimalkan Lini Kehumasan, Humas LPKA Palangka Raya Ikuti Penguatan Kehumasan)

"Ini merupakan upaya untuk memastikan kejelasan status halal sebuah produk," ujarnya.

Kakanwil berharap, pelaku UMKM yang belum memiliki legalitas halal pada produknya agar segera mendaftarkan sertifikasi halal melalui koordinator BPJPH Kanwil Kemenag Kalteng yang beralamat di Jalan Brigjen Katamso Nomor 3 Palangka Raya.

“Sertifikasi halal ini merupakan upaya pemerintah melalui Kementerian Agama dan BPJPH dalam memproteksi umat dan memberi kemantapan bagi konsumen yang ingin membeli suatu produk yang beredar di pasar,” kata H. Abd. Rasyid.

"Jika ada produk yang ingin dikembangkan, pastikan yang sudah bersertifikat halal tidak diboncengi dengan produk yang berbeda yang belum bersertifikat halal,"  imbuhnya.

Kakanwil juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perdagangan dan Perindustrian Provinsi Kalimantan Tengah dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) yang telah memfasilitasi dan membina UMKM. Hadir pada kesempatan itu Kepala Dinas Perindag Kalteng, Aster Bonawaty.

Beberapa UMKM yang menerima sertifikat halal tersebut antara lain; Mayodha, Dika Snack, Mefs Food & Snack, CV M4 Bersaudara, Nafla Cake & Bakery, Badak Berseri, UD Dewi Arum Sari, CV Boga Mandiri, PT Borneo Mitra Karya Bersama, Linbtang Snack, Copasme, dan Kube Sinar Mulya. (Ispurwanto)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook