Melalui Aplikasi Zoom, Kadiv Yankum dan Kadiv Imigrasi Ikuti Ujian Proper

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 16 Desember 2020 14:27, Dibaca 134 kali.


MMCKalteng - Jakarta - Bertempat di Ruang Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM RI, Kepala Divisi Keimigrasian Ignatius Purwanto dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Cahyani Suryandari mengikuti ujian seminar proyek perubahan pelatihan kepemimpinan nasional Tk. II melalui Aplikasi Zoom Meeting dengan didampingi di tempat terpisah oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah Ilham Djaya selaku Mentor, Rabu (16/12/2020). Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Cahyani Suryandari, memulai ujian dengan menjelaskan tentang Proyek Perubahan yang telah dibuat meliputi laporan proyek perubahan, progres before after, serta video testimoni dukungan dari stakeholder terkait dalam pelaksanaan Peningkatan Pelayanan Public Melalui Kumham Goes To Public.

Kumham Goes To Public adalah media dan kanal komunikasi antara Kanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah dengan public terlebih khusus pada provinsi Kalimantan Tengah yang mana di dalamnya mencakup; pemerintah, swasta, akademisi, mahasiswa, dan masyarakat luas pada umumnya. Kumham Goes To Public diciptakan untuk mendekatkan pelayanan, membuka ruang diskusi dan dialog, membangun komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi lintas instansi, serta membangun citra positif Kemenkumham Kalimantan Tengah.

(Baca Juga : Akan Lakukan Audit, BPK Gelar Entry Meeting Daring)


Selanjutnya Kepala Divisi Keimigrasian, Ignatius Purwanto, memulai ujiannya dengan mengangkat judul proyek perubahan SIPOLA (sistem pelaporan orang asing) optimalisasi pengawasan orang asing melalui pemanfaatan teknologi informasi untuk menunjang efektivitas pelayanan publik di wilayah kerja divisi keimigrasian Kalimantan Tengah. Paparan yang disampaikan yaitu meliputi laporan proyek perubahan, progres penggunaan aplikasi serta video testimoni dukungan dari Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian.

Program ini berupaya untuk menampung seluruh data terkait orang asing yang berisi keterangan lengkap, meliputi; identitas pribadi, keluarga pekerjaan, penjamin, perubahan status sipil, perubahan alamat, dan segala hal yang berkaitan dengan kebutuhan informasi keimigrasian. Aplikasi ini dapat memantau, mengawasi dan memberi laporan secara up to date dan realtime yang langsung diketahui oleh kantor imigrasi setempat.

Ujian Seminar ini dibagi menjadi 6 kelompok. Bertindak sebagai penguji dari Kepala Divisi Keimigrasian, Ignatius Purwanto, dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Cahyani Suryandari, adalah Rini Agustiani, SH, MAP dan Dr. Ir. Nana Rukmana D. Wirapraja sebagai Coach. Ujian ini berjalan lancar dan tanpa hambatan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah, Ilham Djaya, selaku Mentor menyampaikan rasa bangganya atas lancarnya ujian seminar yang dilaksanakan oleh kedua Kepala Divisi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah ini. “Saya harap apa yang telah diangkat dalam proyek perubahan oleh Ibu Kadiv Yankum dan Bapak Kadiv Imigrasi ini benar-benar bermanfaat dan memberikan nilai positif demi organisasi,” ungkapnya. (Red-dok, Humas Kalteng, Desember 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook