Lapas Sampit Terus Kembangkan Lahan Tidur Jadi Lahan Produktif

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 16 Maret 2021 16:09, Dibaca 239 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Timur - Lahan tidur di sekitar lingkungan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sampit yang sebelumnya terlantar kini berangsur-angsur digarap untuk dilakukan perluasan dan dimanfaatkan untuk lahan yang produktif, dengan tujuan sebagai salah satu lahan pembinaan kemandirian bagi Warga Binaan di Lapas kelas IIB Sampit. Sejak Selasa (16/3/2021) pagi tim kegiatan kerja yang dibantu oleh pihak pengamanan melakukan kegiatan pembukaan lahan yang nantinya akan dipergunakan untuk bercocok tanam seperti sayuran, buah - buahan dan tanaman pangan dalam rangka meningkatkan produksi Lapas Sampit untuk pendapatan negara (PNBP).

Setyo Sukismo selaku Kasubsi kegiatan kerja pun telah bersinergi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Kotawaringin Timur dalam mengupayakan pengolahan tanah yang harus mendapatkan perlakuan khusus agar dapat dimanfaatkan sebagai lahan pertanian padi.

(Baca Juga : Sidang Tahunan MPR Digelar Hari Ini, Presiden Jokowi Sampaikan Pidato Kenegaraan)


"Pada hari inipun pegawai Dinas Pertanian telah melakukan survei pada lahan yang akan kami garap dan mereka bersedia membantu pihak Lapas Sampit untuk mengolah lahan hingga bisa produktif," tambah Setyo.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) kelas IIB Sampit, Agung Supriyanto menjelaskan, “Kegiatan tersebut diharapkan akan menjadi sarana dan menumbuh-kembangkan kembali semangat-semangat perubahan untuk melakukan inovasi pada pertanian di bidang kegiatan kerja agar lebih produktif lagi," jelasnya.


Dirinya juga mengharapkan nantinya pada lahan tersebut akan menjadi wadah atau tempat Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk meningkatkan keterampilan bercocok  tanam produktif sebagai pengetahuan untuk bekal mereka nanti selepas menjalani masa pidana di lapas Sampit. Telah disampaikan sebelumnya bahwa Lapas Sampit akan menjalankan program Prison Food Estate sebagai kontribusi UPT Pemasyarakatan dalam mendukung ketahanan pangan nasional. Untuk itu, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sampit terus bergerak maju dan meningkatkan koordinasi dengan Dinas Pertanian setempat dalam pengembangannya kembali menggarap lahan baru di sekitaran Lapas Sampit. (Red-dok, Humas Kalteng, Maret 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook