Petugas dan WBP Lapas Muara Teweh Jalani Swab Tes dan Rapid Tes

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 12 November 2020 15:53, Dibaca 84 kali.


MMCKalteng - Barito Utara - Kasus positif Covid-19 di Indonesia semakin meningkat, begitupun di Kabupaten Barito Utara. Berdasarkan data dari Satgas Covid Kalimantan Tengah, hingga per tanggal 11 November 2020 Kabupaten Barito Utara sudah masuk dalam zona merah dengan 378 kasus terkonfirmasi positif.

Untuk menekan dan melakukan pencegahan kasus Covid-19 di Lapas/Rutan, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah menggandeng Kimia Farma untuk melakukan Swab Tes dan Rapid Tes kepada seluruh petugas dan sebagian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sebagai sampel, Kamis (12/11/2020). Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB yang pelaksanaannya dibagi menjadi dua tempat. Pertama pelaksanaan Swab tes bagi seluruh petugas dilaksanakan di aula serbaguna dan kedua pelaksanaan Rapid tes bagi warga binaan dilaksanakan di ruang Pembinaan.

(Baca Juga : Kakanwil Kumham Kalteng Lakukan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan Pejabat Struktural dan PPNS di Lingkungan Kanwil Kumham Kalteng)


Nurul Ramadhani, salah satu petugas dari Laboratorium Klinik Kimia Farma Palangka Raya mengatakan bahwa untuk Swab tes diambil cairan atau sampel dari bagian belakang hidung dan tenggorokan atau dahak untuk diperiksa kumannya di laboratorium, sedangkan untuk Rapid tes diambil sampel darahnya. "Untuk hasil tes akan diumumkan setelah dilakukan pengecekan di laboratorium Kimia Farma Palangka Raya," ungkapnya.

Kalapas Muara Teweh, Sarwito menyampaikan bahwa Swab tes dan Rapid tes dilakukan oleh 6 (enam) orang petugas dari Laboratorium Kimia Farma Palangka Raya. "Dari 48 orang petugas, hanya 3 orang tidak dites dikarenakan lagi cuti dan dari warga binaan sebanyak 100 orang yang mengikuti Rapid tes," ungkapnya.


Sarwito menambahkan bahwa pelaksanaan tes ini untuk memastikan kondisi kesehatan seluruh petugas dan warga binaannya. "Tentunya kami berharap tidak ada petugas maupun WBP yang positif Covid-19 dan Lapas Muara Teweh dalam kondisi aman dan sehat. Untuk hasil tes secara keseluruhan nantinya akan dirilis langsung oleh Kanwil Kemenkumham Kalteng," tutur Sarwito. (Red-dok, Humas Kalteng, November 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook