Penyuluh Agama Harus Seimbang Dalam Berikan Doktrin Keagamaan dan Kebangsaan

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 09 Maret 2021 11:00, Dibaca 134 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya - Penyuluh agama Islam berkewajiban memberikan doktrin keagamaan agar umat Islam memiliki pemahaman keagamaan yang baik dan benar. Doktrin keagamaan yang diberikan pun penting bagi dasar keimanan dan akidah yang diyakini.

Namun, pemberian doktrin keagamaan harus seimbang dengan doktrin kebangsaan. Pasalnya, sebagai warga negara, umat Islam memiliki kewajiban yang sama dengan umat agama lain untuk menjaga kerukunan dan persatuan.

(Baca Juga : Revitalisasi KUA Akan Gerakkan Moderasi Beragama hingga Kecamatan)

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah H. Abd. Rasyid saat dimintai komentarnya atas peran penyuluh agama Islam, di kantornya, Selasa (9/3/2021).

“Doktrin keagamaan yang disampaikan oleh bapak ibu semua harus diimbangin dengan doktrin kebangsaan,” katanya.

Jangan sampai, lanjut H. Abd. Rasyid, akibat doktrin keagamaan yang diberikan membuat umat Islam tidak dapat menerima perbedaan dalam kehidupan sosialnya. Doktrin kebangsaan diperlukan dan sangat penting agar umat Islam memiliki toleransi dan sikap menghormati.

“Artinya, dalam setiap penyuluhan harus pula disampaikan bahwa kita ini hidup dalam bangsa yang majemuk. Perbedaan itu pasti dan nyata dalam kehidupan kita, sebagaimana pula ditegaskan dalam ajaran agama Islam bahwa kita itu diciptakan berbeda dalam bangsa, suku, dan perbedaan lainnya,” beber H. Abd. Rasyid.

Dengan doktrin yang seimbang itu H. Abd. Rasyid yakin ukhuwah kebangsaan akan terwujud. Karena, meski berbeda dalam hal keyakinan beragama, namun sesama warga bangsa adalah saudara dalam kemanusiaan.

“Ini harus terus menerus kita sampaikan kepada masyarakat agar kerukunan dan persatuan kita tetap terjaga,” tegas H. Abd. Rasyid.  (Gondo Utomo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook