Tingkatkan Pelayanan Publik, Layanan LAMAR Lapas Narkotika Kasongan Diserbu WBP

Kontribusi dari Lapas Kasongan, 26 Oktober 2021 08:37, Dibaca 108 kali.


MMCKalteng - Katingan – Peringatan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Tahun 2021 dilaksanakan berbeda dari sebelumnya. Tahun ini, dengan melaksanakan Pelayanan Publik secara serentak yang diikuti oleh seluruh Unit Pelaksana Teknis Kementerian Hukum dan HAM, Lapas Narkotika Kasongan menyelenggarakan kegiatan layanan LAMAR (Lapas Melepas Rindu) pada Selasa (26/10/2021).

LAMAR (Lapas Melepas Rindu) merupakan layanan inovasi unggulan yang bebas pungli. Layanan LAMAR hadir di masa pandemi Covid-19. Dengan hadirnya layanan LAMAR diharapkan menjadi solusi akses bagi keluarga dan WBP untuk berkomunikasi melepas rindu secara Daring. Layanan LAMAR dilaksanakan di Aula Poliklinik Lapas Narkotika Kasongan.

(Baca Juga : Semangati Pelajar, Kakanwil: Saya Yakin Kalian Bisa Capai Puncak Prestasi)

Kasi Binadik Agus Ardyanto dalam pelaksanaan kegiatan menyampaikan, “Layanan kunjungan online yang diselenggarakan saat ini tentu berbeda dari hari-hari sebelumnya, mengingat kegiatan layanan kunjungan online melalui media video call ini sebagai bentuk dari rangkaian Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) Tahun 2021 dan khusus bagi WBP untuk bertemu keluarganya secara daring.”


“Bukan hanya pada saat peringatan Hari Dharma Karya Dhika saja, melainkan Layanan LAMAR ini sudah dilaksanakan, tetapi khusus memperingati Hari Dharma Karya Dhika Tahun 2021. Layanan LAMAR dilaksanakan untuk seluruh WBP, baik Narapidana dan Tahanan,” ungkapnya.

Teknologi dapat menjadi alternatif bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) untuk berinteraksi dengan dunia luar. Hal inilah yang sedang diterapkan di Lapas Narkotika Kasongan di masa pandemi covid-19, yaitu dengan menyediakan sarana komunikasi yang menghadirkan citra visual sebagai pengganti kunjungan secara langsung.

Terlihat dari banyaknya WBP yang ingin merasakan Layanan LAMAR, maka dalam pelaksanaannya petugas pemberi layanan memberikan layanan dengan sepenuh hati serta menambahkan jam layanan. “Dalam layanan kali ini kami memberikan durasi waktu yang cukup panjang, apabila yang biasanya waktu layanan hanya dapat diberikan pada pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB, tapi pada hari ini layanan diberikan pada pukul 08.00 WIB – 15.00 WIB,” tambah Hadiyanto selaku Kasubsi Registrasi.


Salah satu WBP mengapresiasi dan berterima kasih kepada petugas yang telah menyediakan layanan LAMAR. “Allhamdulillah, dengan adanya Layanan LAMAR hari ini saya bisa melepas rindu dengan keluarga saya di luar sana. Terima kasih Lapas Narkotika Kasongan yang sudah memberikan layanan ini kepada kami,” tutupnya. (Humas Lapas Narkotika Kasongan)

Lapas Kasongan

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook