Sosialisasi Kemenkumham Corpu Terhadap Petugas Pemasyarakatan Lapas Perempuan Kelas IIA Palangka Raya

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 16 Februari 2021 09:10, Dibaca 67 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Palangka Raya Dyah Wandansari, Bc.IP., S.H., M.H memberikan sosialisasi Kemenkumham Corpu kepada petugas pemasyarakatan Lapas Perempuan Kelas IIA Palangka Raya (Lapupala) mengenai tupoksi masing-masing bidang serta memberikan pembekalan bagi wali pemasyarakatan yang telah dipilih. Kegiatan berlangsung di aula Lapupala pada pukul 09.30 WIB, Senin (15/2/2021).

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada petugas Lapupala mengenai Kemenkumham Corpu (Corporate University) yang berorientasi pada peningkatan SDM khususnya ASN Kemenkumham, sehingga Lapupala mampu menciptakan SDM yang unggul serta berintegritas. Selain itu, Kalapas Perempuan Palangka Raya memberikan pembekalan kepada seluruh wali pemasyarakatan Lapupala untuk membina narapidana.

(Baca Juga : Tingkatkan Keamanan dan Ketertiban, Lapas Palangka Raya Kembali Gelar Razia Sel Isolasi Depan)


Kalapas juga mengingatkan kepada seluruh wali pemasyarakatan untuk tidak memiliki kepentingan lain selain program pembinaan. "Tidak boleh ada kepentingan dengan narapidananya, baik itu registrasi, komandan jaga, maupun petugas yang telah saya tunjuk sebagai wali pemasyarakatan," tegas Dyah Wandansari (Kalapas) dalam arahannya.

Menjadi seorang wali harus mempunyai integritas, komitmen, berpikir kritis serta selalu waspada. Sesuai dengan Permenkumham Nomor 6 Tahun 2013 tentang Tata Tertib Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara pasal 4 bahwa Narapidana dilarang mempunyai hubungan keuangan dengan Narapidana atau Tahanan lain maupun dengan Petugas Pemasyarakatan.


"Sebagai wali pemasyarakatan jangan sampai dimanipulasi dan diprovokasi oleh narapidana dan jangan sampai narapidana itu ada transaksi dengan petugas," tegas Dyah Wandansari (Kalapas) lagi.

Dengan demikian, mampu menjadikan narapidana yang taat, patuh dan berprestasi. Selanjutnya, Kalapas Perempuan Palangka Raya akan mempertemukan wali pemasyarakatan dengan masing-masing narapidana yang dididik untuk diberikan pengarahan. (Red-dok, Humas Kalteng, Februari 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook