Sembilan Narapidana Lapas Sampit Mendapat Remisi Khusus Hari Raya Nyepi

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 15 Maret 2021 14:01, Dibaca 104 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Timur - Remisi khusus keagamaan diberikan pada hari besar keagaamaan Narapidana dan Anak Pidana sesuai dengan agama yang mereka anut, termasuk pada Hari Raya Nyepi Tahun 2021 ini diberikannya Remisi Khusus Hari Raya Nyepi Tahun 2021 ini kepada 9 (sembilan) orang Narapidana Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Sampit yang beragama Hindu. Pemberian Remisi Khusus Nyepi kali ini diberikan langsung oleh Kalapas Kelas IIB Sampit, Agung Supriyanto yang didampingi Kepala Sub Seksi Registrasi dan Bimbingan Kemasyarakatan, Reza Febriansyah kepada perwakilan Narapidana di aula Lapas bertepatan hari raya Nyepi pada hari Minggu (14/3/2021) kemarin.

Reza Febriansyah melaporkan bahwa Narapidana Lapas Sampit yang beragama Hindu berjumlah 16 (enam belas) orang, namun yang memenuhi syarat administratif maupun substantif hanya berjumlah 9 (sembilan) orang. Sedangkan 1 (satu) orang telah menjalani program asimilasi rumah, sedang 6 (enam) orang diantaranya tidak memenuhi syarat administratif.

(Baca Juga : Berikan Pelayanan Kesehatan Terbaik, Tim Medis Lapas Palangka Raya Giat Laksanakan Yankesling)

Selain itu, Reza menambahkan, "Dasar pemberian remisi ini adalah Keputusan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia Nomor : PAS-220.PK.01.01.02 Tahun 2021 Tentang Pemberian Remisi Khusus (RK) Nyepi Tahun 2021 dan besaran Remisi Khusus Hari Raya Nyepi Tahun 2021 yang diperoleh Narapidana Lapas Sampit terdiri dari 1 (satu) orang Narapidana memperoleh remisi sebesar 1 (satu) bulan 15 (lima belas) hari,  3 (tiga) orang Narapidana memperoleh remisi sebesar 1 (satu) bulan dan 5 (lima) orang Narapidana memperoleh remisi sebesar 15 (lima belas) hari," tambah Reza.


Dalam sambutannya, Agung Supriyanto selaku Kalapas Sampit berkesempatan menyampaikan ucapan selamat kepada kesembilan orang Narapidana atas remisi yang diperolehnya.

"Remisi Khusus Nyepi ini sebagai bukti reward (penghargaan) pemerintah kepada para Narapidana yang beragama Hindu yang telah menunjukkan perilaku baiknya dibuktikan dengan keaktifan dalam mengikuti program pembinaan dan tidak pernah melakukan pelanggaran tata tertib serta telah memenuhi syarat administratif khususnya kepada Narapidana yang beragama Hindu. Semoga remisi ini semakin memacu kalian semua untuk aktif dalam program pembinaan dan tidak melakukan pelanggaran tata tertib Lapas," ucapnya.


Sementara itu, salah seorang Narapidana yang menerima remisi bernama Ucun menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah atas remisi yang didapatnya dan ia berjanji akan terus aktif dalam mengikuti program pembinaan dan mematuhi segala tata tertib Lapas.

"Kami ucapkan terima kasih dari lubuk hati yang paling dalam atas perhatian dan diberikannya kami remisi, kami akan lebih aktif lagi mengikuti program pembinaan yang diberikan kepada kami semua," janjinya. (Red-dok, Humas Kalteng, Maret 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook