Kinerja Kementerian Agama Dinilai Dari Pelayanan Publik

Kontribusi dari Rikah Mustika, 20 Februari 2021 20:57, Dibaca 62 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Kegiatan pelatihan pelayanan publik di wilayah kerja Kementerian Agama Kota Palangka Raya yang diselenggarakan Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin (BDKM) sejak 15 s.d 20 Februari 2021 ditutup resmi Kepala Tata Usaha Kementerian Agama Kota Palangka Raya Muhammad Irsani, Sabtu, (20/2/2021). Dalam sambutannya, Muhammad Irsani menekankan pada pentingnya pelayanan publik, sebab pelayanan publik merupakan pintu pertama bagi kementerian agama.

“Pelayanan yang baik kepada masyarakat akan menimbulkan citra yang baik kepada kementerian kita, begitu juga sebaliknya," ujar Irsani.

(Baca Juga : Satgas Covid-19 Bapas Muara Teweh Kunjungi Dinas Kesehatan Barito Utara)

"Guna mewujudkan pelayanan publik yang maksimal, kementerian agama mengirimkan 10 orang ASN yang meliputi semua bidang pelayanan kepada masyarakat, mulai pelayanan haji, zakat, pendidikan dan bimbingan keagamaan," kata Irsani. Dengan harapan, setelah pelatihan selesai mereka bisa menerapkan ilmunya di unit tugasnya masing-masing.


Sementara panitia dari BDKM Surya Subur mengatakan, 30 orang peserta yang telah mengikuti pelatihan ini dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan sertifikat. Menurutnya, paparan materi tentang pelayanan publik yang diberikan kepada peserta sudah sesuai dengan kurikulum dari pemerintah.

"Dimana pembelajaran selama pelatihan disampaikan secara teori, praktik dan simulasi. Mulai dari regulasi pemerintah, mendesain pelayanan publik, implementasi pelayanan publik, pengelolaan pengaduan masyarakat dan menghitung indeks kepuasaan masyarakat," papar Surya.

"Kami berharap dengan adanya pelatihan ini masing-masing peserta mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan membuat desain pelayanan yang baik dengan mengajak rekan-rekan dan mengkomunikasikannya dengan pimpinan," kata Surya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Surya Subur menyampaikan 5 peserta terbaik dalam pelatihan pelayanan publik di lingkungan kementerian agama, yaitu Nacha Riani sebagai terbaik 1 (PPNPN Bimas Hindu Kemenag Kota Palangka Raya), Muhamad Asran Dirun terbaik 2 (MAN Kota Palangka Raya), Muhammad Mahbub (Pelaksana Bimas Islam Kemenag Kota Palangka Raya), Eka Rona Ikayaturrahmi (MTsN 2 Kota Palangka Raya) dan Malikul Rahman (MIN 3 Kota Palangka Raya). (Asdi)

Rikah Mustika

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Kalteng Bicara Baik.
Mari Jaga Lingkungan Kita.

Facebook