Kegiatan Pusat Pelatihan Pembinaan Kemandirian dan Pembinaan Kerohanian bagi Warnarupa Resmi Dibuka

Kontribusi dari Pemasyarakatan Kalteng, 20 Januari 2020 11:27, Dibaca 198 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - RUTAN Kelas IIA Palangka Raya di awal tahun 2020 menggelar kegiatan pembinaan bagi warga binaan yang dalam kegiatan yang dinamakan Pusat Pelatihan Pembinaan Kemandiriandan Pembinaan Kerohanian bagi Warnarupa. Melalui kegiatan ini RUTAN Kelas IIA Palangka Raya sebagai salah satu UPT pemasyarakatan yang ada dalam lingkup Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah bertekad untuk menjadi UPT  Pemasyarakatan yang PASTI bagi warga binaan.

Kepala RUTAN Kelas IIA Palangka Raya, Bp. Akhmad Zaenal Fikri menyampaikan dalam laporannya, bahwa Kegiatan ini akan dilaksanakan selama periode waktu 6 (enam) bulan dimulai sejak tanggal 20 Januari 2020 sampai dengan tanggal 26 Juni Tahun 2020.

(Baca Juga : Laksanakan Apel Siaga, Lpka Palangka Raya Turut Meriahkan Pembukaan Jambore Pemasyarakatan Anak Sejahtera Tahun 2019)

Peserta Kegiatan adalah Warga Binaan RUTAN Palangka Raya yang beragama Kristen Protestan dan Katolik sebanyak 126 orang warga binaan yang beragama Kristen dan katolik. Dengan menghadirkan pembicara dari Kota Bandung, Jakarta, Surabaya dan Palangka Raya. 


 “Melalui kegiatan ini diharapkan agar warga binaan benar benar mendapatkan pembinaan yang baik dan mendapat bekal keterampilan yang mumpuni sehingga dengan adanya kerohanian yang baik tentunya mampu membentuk karakter yang baik sehingga dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki akan menjadi modal saat selesai menjalani proses pidana di tengah tengah masyarakat dengan menjadi pribadi yang menjadi membawa berkah bagi orang sekitar,” ujar Kepala RUTAN Kelas IIA Palangka Raya.


Perwakilan Panitia Penyelenggara Kegiatan yang mewakili City Blessing Chuch, Lembaga Pelayanan Pemuda Indonesia Jakarta dan Rise and Shine Ministry dari Jakarta, Bp. Pdt. Tjepy Jones, menyampaikan terimakasih atas kesempatan yang diberikan untuk dapat memberikan dukungan pembinaan bagi warnarupa. Melalui Nota Kesepakatan yang dibuat, Pihak Penyelenggara sepakat bekerjasama dalam kegiatan upaya Peningkatan Pengetahuan dan keterampilan melalui pelatihan kerohanian dan kemandirian kepada Warga Binaan Pemasyarakatan RUTAN Kelas IIA Palangka Raya yang dalam hal ini difokuskan untuk yang beragama Kristen dan Katolik.

Pelatihan Kemandirian yang diberikan berupa Pelatihan Magic Gospel, Pelatihan Design Grafisdan Multimedia, Pelatihan Menjadi Worship Leader, Latihan Dasar Kepemimpinan, dan Latihan Keterampilan Herbal. Dukungan pembinaan kerohanian yang dilaksanakan berupa Ibadah Singkat, Pendalaman Alkitab, Diskusi seputar Pembinaan Kerohanian, dan Doa Bersama.

”Dalam pelatihan ini kita dapat membangun roh yang kuat, roh yang kuat dapat membuat kita semakin kuat, bahkan penyakitpu  dapat kita kalahkan,” kata pendeta mengakhiri sambutannya. 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukumdan HAM Kalimantan Tengah, Bp. Ilham Djaya dalam sambutannya yang dibacakan oleh Ibu Diana Soekowati, Kepala Bagian Program dan Hubungan Masyarakat Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah, menyampaikan bahwa dalam lingkup Pemasyarakatan, pembinaan adalah kegiatan untuk meningkatkan kualitas ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, intelektual, sikap dan perilaku, profesional, kesehatan jasmani dan rohani Narapidana Anak Didik Pemasyarakatan.

Pembinaan bagi warga binaan perlu dilakukan karenanya diperlukan adanya perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian atas kegiatan program pembinaan. Kegiatan pembinaan diarahkan pada kemampuan warga binaan untuk berintegrasi secara sehat dengan masyarakat.

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan, terlebih di dalamnya melibatkan masyarakat yang dalam hal ini team dari Gereja City Blesingg dan LPPI Jakarta seerta Team Rise and Shine Ministry Jakarta. Dan kedepannya kegiatan ini dapat terus diadakan sebagai salahsatu upaya agar pemasyarakatan dapat melakukan transformasi meraih kinerja yang PASTI. Bagi Warga Binaan yang menjadi peserta kegiatan ini diharapkan dapat benar benar mengikuti kegiatan pelatihan dan pembinaan ini dengan baik sebagai bekal saat kembali berada di tengah-tengah masyarakat.

Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin dalam sambutan yang dibacakan oleh Asisten bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra Setda Kota Palangka Raya, Bp. Amandus Frenaldy menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah sebagai salah satu upaya dan dukungan dari masyarakat dalam hal ini RUTAN Palangka Raya untuk membantu pembangunan Kota Palangka Raya. Pemerintah Kota Palangka Raya menyadari bahwa pembinaan bagi warga binaan sangat memerlukan dukungan dari semua pihak baik pemerintah maupun dari masyarakat. Karenanya pemerintah kota palangkaraya akan memberikan perhatian bagi kegiatan di RUTAN Palangka Raya agar mendapatkan dukungan dari berbagai pihak untuk tetap intens memberikan program pembinaan dan pelatihan yang diharapkan akan mampu mewujudkan pribadi yang tahan uji dan pribadi yang  mampu berkreatifitas di tempat terbatas. (Humas Rutan Palangka Raya )

 

Pemasyarakatan Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook