Kunjungi LPKN Kasongan, Inspektur Wilayah I Tinjau Alat X-Ray sebagai Sarana Pengamanan Kunjungan

Kontribusi dari Pemasyarakatan Kalteng, 05 September 2019 12:41, Dibaca 265 kali.


MMCKalteng - Katingan – Dalam rangka adanya hasil temuan dari pihak dari Inspektorat Jenderal dan BPK RI. Inspektur Jenderal Kemenkumham RI telah mengeluarkan Surat Perintah Nomor ITJ. KP.04.01.2-64 terdiri dari 4 (empat) orang yang di ketuai oleh Inspektur Wilayah I (Budi) didampingi Para Auditor (Superman) sebagai Pengendali Teknis, (Agung Nugroho) dan (Sriyani Wiarti) merangkap anggota, untuk melaksanakan Kegiatan Monitoring dan Tindak lanjut Ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah beserta Jajarannya. 

Dalam monitoring tersebut, Inspektur Wilayah I juga menyempatkan diri untuk berkunjung ke salah satu UPT terdekat diluar Kota Palangka Raya yakni ke Lembaga Pemasyarakatan Khusus Narkotika (LPKN) Kelas III Kasongan di Kabupaten Katingan, Selasa (04/09). 

(Baca Juga : Terkait Pemenuhan Pendidikan Anak Didik Pemasyarakatan, LPKA Palangka Raya Bersinergi Dengan Diknas Kota Palangka Raya)


Dalam kunjungan tersebut, Inspektur Wilayah I didampingi langsung oleh Plt. Kepala Kantor Wilayah Kanwil Kemenkumham Kalteng (Bambang Iriana Djajaatmadja), Kepala Divisi Imigrasi (Ignatius Purwanto), Kepala Bidang Keamanan (Arief Gunawan), Kepala Bidang Pembinaan (Jevius J. Siathen), Kepala Sub Bidang Pembinaan, TI dan Kerjasama (Pirhansyah) serta beberapa Staf dari Divisi Pemasyarakatan. 

Tiba di Lapas, rombongan disambut langsung oleh Kepala LPKN Kasongan (Aris Sakuriyadi) beserta jajarannya. Di Lokasi Inspektur Wilayah langsung melakukan peninjauan terhadap fasilitas pengamanan yang ada di P2U yakni alat pemeriksaan yang menggunakan sinar x yang berfungsi sebagai alat  penggeledahan untuk mengetahui barang bawaan, dan juga fisik bagi  pengunjung (Pembezuk) Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). 


Menurut Inspektur, Alat ini merupakan alat canggih khusus yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan untuk membantu para petugas penjagaan khususnya yang ada di P2U dalam rangka pengamanan Lapas dan Rutan khususnya dalam hal pemeriksaan dan penggeledahan baik itu kepada orang maupun bawaan yang masuk kedalam lingkungan Lapas. Oleh karena itu dirinya berharap agar alat ini bisa menjadi manfaat tentunya dalam menjalankan tugas dan fungsi kita sebagai petugas Pemasyarakatan. 

Selain itu dengan adanya alat ini diharapkan untuk terus bisa menjaga komitmen bersama yakni UPT Lapas/Rutan yang anti Halinar (Handphone, Pungutan Liat dan Narkoba) sehingga Tata Nilai PASTI (Profesional, Akuntabel, SInergi, Transfaran dan Inovatif) dapat berjalan dengan baik. Inspektur juga mengharapkan agar pihak Lapas Kasongan tentunya bisa menjaga dan merawat alat ini dengan baik agar terciptanya suasana Lapas yang aman dan kondusif, terang Budi yang juga pernah menjabat sebagai Plt. Kakanwil Kemenkumham Kalteng ini. 

Sementara Kepala LPKN Kasongan (Aris Sakuriyadi) didampingi Kepala Bidang Keamanan (Arief Gunawan) mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan perhatian dari Insperktur Wilayah I dan Unsur Pimpinan dari Kantor Wilayah yang sudah bersedia datang untuk mengunjungi LPKN Kasongan. Dikatakannya, dengan adanya alat X-ray ini , para petugas kita sangat merasa terbantu untuk melakukan pemeriksaan dan penggeledahan kepada setiap tamu yang mau melakukan bezuk atau kunjungan kepada keluarganya yang merupakan WBP di LPKN Kasongan. 

Aris juga berjanji akan menjaga alat X-ray ini, menurutnya hanya operator yang telah dididik khusus yang bertanggungjawab untuk mengoperasikan alat ini dan tidak ada campur tangan dari yang lainnya agar tidak disalah gunakan sehingga perawatan dan keberadaan alat bisa terjaga dengan baik.

Sebelumnya di Kantor Wilayah, Inspektur Wilayah I menyempatkan diri untuk mengunjungi memberikan arahan dan masukan terkait kesiapan para CPNS Angkatan Tahun 2018 yang pada senin mendatang untuk melaksanakan diklat Latsar (Pengganti Prajabatan) agar mempersiapkan diri belajar mengenai Orta Kemenkumham, PP 53 serta aturan-aturan lainnya menyangkut materi yang akan di ajarkan pada Diklat Latsar. Create : Kasubbid Pembinaan, TI dan Kerjasama.

Pemasyarakatan Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook