Lapas Narkotika Kasongan Screening TBC dan HIV/AIDS

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 13 Juni 2019 14:59, Dibaca 1,374 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - (13/06/19) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas III Kasongan melakukan pemeriksaan (Screening) kesehatan dalam mengantisipasi risiko penyebaran penyakit TBC (Tuberculosis) dan HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immuno Deficiency Syndrome) terhadap 100 warga binaan pemasyarakatan (85 orang pria, 15 orang wanita) termasuk narapidana pindahan dari Rutan Kelas IIB Kuala Kapuas dan tahanan baru.

Kegiatan tersebut dilakukan oleh Dokter dan Tim Medis dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah dan Kabupaten Katingan. Proses pemeriksaan kesehatan itu dilakukan dengan cara screening pengambilan sampel darah terhadap masing-masing warga binaan yang dilakukan secara langsung oleh dokter beserta tim medis.

(Baca Juga : Lapas Perempuan Palangka Raya Lakukan Rapat Tim Yankomas)


"Lembaga Pemasyarakatan dinilai sebagai tempat yang rentan terhadap penyebaran TBC dan HIV/AIDS untuk itu screening kesehatan ini perlu dilakukan sebagai upaya antisipasi penularannya antar warga binaan di lingkungan Lapas Narkotika Kelas III Kasongan. Sebab, banyak warga binaan dari luar yang masih menjalani pergaulan bebas, dan kemudian membawa virus mematikan itu ke dalam lapas" kata Aris Sakuriyadi selaku Kepala Lapas Narkotika Kelas III Kasongan.

Menurut Aris kegiatan ini tidak akan berhenti disini saja, namun pihaknya tetap akan melakukan pengawasan dengan cara pemeriksaan secara rutin dan berkala baik kepada warga binaan yang baru masuk maupun warga binaan lama.


Ia berharap, bahwa penyebaran virus TBC dan HIV/AIDS di dalam Lapas dapat terindentifikasi sehingga penyebarannya dapat diketahui dan dipantau.

"Bila memang ada yang positif kita akan kerjasama dengan pihak dinas terkait. Bahkan bila perlu kita akan suplai obat dari luar. Sehingga resiko menular penyakit tidak berdampak ke warga binaan lainya," katanya.

Selain pemeriksaan, pihak Lapas Narkotika Kelas III Kasongan juga melakukan bimbingan konseling kepada warga binaan Lapas, yang apabila ditemukan ada indikasi TBC atau HIV untuk segera dilakukan penanganan lebih lanjut.

Adapun hasil dari Screening kesehatan terhadap 100 WBP tersebut semuanya Non-Reaktif (negatif). (Red-dok, Humas Kalteng, Jun ’19).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook