PULUHAN PETUGAS PEMASYARAKATAN DAN IMIGRASI SE-KALTENG IKUTI PELATIHAN DASAR HAM YANG DILAKSANAKAN BADAN DIKLAT HUKUM DAN HAM JAWA TENGAH

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 25 Oktober 2018 23:51, Dibaca 657 kali.


MMCKalteng - Bertempat di Swiss Belhotel Danum Palangka Raya, puluhan petugas pemasyarakatan dan imigrasi mengikuti pelatihan dasar HAM yang dilaksanakan Badan Diklat Hukum dan HAM Jawa Tengah selama 3 hari. Kamis (25/10).

Dalam Sistem Peradilan Pidana (Criminal Justice System), Pemasyarakatan dan Imigrasi memiliki posisi yang penting dalam penegakan Hukum dan Hak Asasi Manusia.

(Baca Juga : Wujudkan Wilayah WBK/WBBM Kanwil Kemenkumham Kalteng Sharing Pelayanan Publik Yang Baik Ke Ombudsman RI Perwakilan Kalteng)

Imigrasi sebagai penjaga pintu gerbang kedaulatan negara. Dikatakan demikian karena imigrasi merupakan institusi pertama dan terakhir yang menyaring dan menyeleksi kedatangan dan keberangkatan orang asing ke wilayah Republik Indonesia.

Sedangkan, Pemasyarakatan dalam fungsinya memberikan pemenuhan dan perlindungan hak-hak tersangka, terdakwa dan terpidana. Pemasyarakatan merupakan instansi Penegak Hukum yang terlibat dalam proses penegakan hukum, mulai dari prahingga post adjudikasi.

Senada dengan itu, Kepala Pusat Pengembangan Fungsional dan HAM BPSDM Hukum dan HAM, Pocuteliza mengatakan pentingnya pemahaman dan implementasi nyata nilai-nilai dasar HAM bagi petugas pemasyarakatan dan imigrasi sehingga menjadi rentan apabila petugas tidak paham dan tidak menguasai apa yang menjadi tugasnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Pendidikan Pelatihan Hukum dan HAM Jawa Tengah, Kaswo, dalam sambutannya mengatakan bahwa Badan Pendidikan Pelatihan Jawa Tengah membawahi 11 Kantor Wilayah yang menjadi regionalnya, Kalimantan Tengah salah satunya. Proses peningkatan kapasitas (capacity building) dan pembangunan karakter (caracter building) SDM menjadi hal yang mutlak dilakukan. Dalam proses ini tentu dapat dilakukan dengan beragam cara, baik melalui pendidikan dan pelatihan (Diklat) berbasis kompetensi, pembinaan pola karir yang jelas, tugas belajar yang kesemuanya itu untuk meningkatkan performa SDM organisasi dalam menjalankan tugasnya. Ungkap Kaswo.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah yang diwakili oleh Kepala Divisi Administrasi, Hajrianor melalui sambutannya mengatakan bahwa aparatur Kementerian Hukum dan HAM  yang profesional dan berintegritas serta mampu Mewujudkan penghormatan, pemenuhan, dan perlindungan HAM menjadi harapan kita bersama melalui pelatihan ini.

“Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Kepala Badiklat Hukum dan HAM Jawa Tengah beserta jajarannya atas dipilihnya Kantor Wilayah Kalimantan Tengah sebagai salah satu dari 11 Kantor Wilayah menjadi tempat dilaksanakannya pelatihan dasar HAM bagi petugas pemasyarakatan dan imigrasi” tutup Hajrinor diakhir sambutannya.

Rangkaian acara pembukaan pelatihan ini dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta secara resmi oleh Kepala Pusat Pengembangan Fungsional dan HAM BPSDM Hukum dan HAM, Pocuteliza didampingi Pelaksana Harian Kepala Kantor Wilayah, Hajrianor dan diakhiri sesi foto bersama. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Okt 2018)

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook