Gedung Smart Province Mendapat Kunjungan Dari Peserta Diklat BPSDM

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 26 Maret 2019 13:27, Dibaca 759 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Kalimantan Tengah (BPSDM Prov. Kalteng) gelar kunjungan ke gedung Smart Province, jalan Tjilik Riwut Km. 3,5, Selasa (26/3/2019).

BPSDM bersama rombongan peserta Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pranata Komputer yang berasal dari Aparatur Sipil Negara di lingkup Pemprov. Kalteng, melihat secara langsung fasilitas dan berbagai aplikasi yang ada dan sudah digunakan di gedung Smart Province.

(Baca Juga : Ruang Publik Ep.3 Hadirkan Kadis Koperasi dan UMKM Kalteng)


Tujuan Diklat Pranata Komputer adalah terpenuhinya kompetensi di bidang teknologi informasi bagi Aparatur Sipil Negara.

Turut hadir Kepala Diskominfo Kalteng Ir. Herson B. Aden., M.Si bersama Kepala Bidang Pengelola Komunikasi Publik Baryen, ST., M.Eng serta pejabat terkait.


Herson B. Aden menjelaskan beberapa aplikasi dan fasilitas yang ada didalam gedung Smart Province antara lain, aplikasi Dasboard Pembangunan Kalimantan Tengah, Satudata Kalteng , dan pantauan CCTV terpusat. Rencananya gedung ini akan mempunyai fasilitas Data CenterCommand CenterVideo Conference dan Pusat Layanan Informasi Publik.

Sebagian ruangan di dalam gedung saat ini sudah ada yang difungsikan untuk Command Center dan Data Center yang digunakan untuk penyimpanan data, monitoring atau melihat perkembangan kinerja OPD melalui aplikasi dashboard pembangunan kalteng, pemantauan bank data Kalteng, CCTV terpusat yang sudah terpasang di beberapa wilayah se-Kalteng dan memberikan Layanan Informasi Publik online melalui PPID Utama yang berada di Diskominfo Prov. Kalteng, lanjutnya.

Herson B. Aden menyampaikan, “Harapannya kepada peserta Diklat Pranata Komputer agar dapat terus meningkatkan kompetensinya dan nanti bisa mengimplementasikan apa yang didapat di Diklat dan apa yang dapat dipelajari di gedung Smart Province ini, untuk di implementasikan di SKPD masing-masing”.

“Luar biasa, ini akan menjadi sesuatu yang akuntabel, sangat Smart, kemudian efisien. Proses-proses yang tadinya memberi peluang untuk masuk unsur yang unsistemik menjadi hilang, menjadi terpercaya sehingga ujung-ujungnya akan terbangun Good Government, ujar Darianto., MM selaku Kepala Bagian Jabatan Fungsional Badan Pusat Statistik RI yang ikut dalam rombongan. (ARP/Foto:EAP)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook