Diskominfo se-Kalteng Kunjungi Gedung Smart Province

Kontribusi dari Ari Purna Prahara, 14 Maret 2019 11:04, Dibaca 564 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Provinsi Kalimantan Tengah (Diskominfo Kalteng) Ir. Herson B. Aden., M.Si mengajak seluruh peserta Bimtek serta narasumber untuk mengunjungi gedung Smart Province Kalteng, Jalan Tjilik Riwut Km. 3,5, Kamis (14/3).

Herson B. Aden menjelaskan beberapa aplikasi dan fasilitas yang ada didalam gedung Smart Province antara lain, aplikasi Dasboard Pembangunan Kalimantan Tengah, Satudata Kalteng , dan pantauan CCTV terpusat. Rencananya gedung ini akan mempunyai fasilitas Data Center, Command Center, Video Conference dan Pusat Layanan Informasi Publik.

(Baca Juga : PPID Kota Palangka Raya Berkunjung ke Smart Province)

Sebagian ruangan di dalam gedung saat ini sudah ada yang difungsikan untuk Command Center dan Data Center yang digunakan untuk penyimpanan data, monitoring atau melihat perkembangan kinerja OPD melalui aplikasi dashboard pembangunan kalteng, pemantauan bank data Kalteng, CCTV terpusat yang sudah terpasang di beberapa wilayah se-Kalteng dan memberikan Layanan Informasi Publik online melalui PPID Utama yang berada di Diskominfo Prov. Kalteng, lanjutnya.

Diharapkan jika selesai pembangunannya nanti, Gedung Smart Province akan menjadi kebanggan tersendiri, Kalimantan Tengah memiliki sebuah sarana monitoring satu pintu, pusat data di satu lokasi yang dapat menunjang pimpinan dalam pengambilan kebijakan dari sumber data yang bisa lebih efisien diperoleh, selain menjadi motivasi untuk Kabupaten dan Kota di Kalimantan Tengah untuk membangun Smart City di kota masing-masing. (ARP/Foto:ASEP)

Ari Purna Prahara

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook