BPTPH Prov. Kalteng Gandeng Lapas Narkotika Kasongan Dalam Hal Ketahanan Pangan

Kontribusi dari Lapas Kasongan, 30 April 2021 13:41, Dibaca 14 kali.


MMCKalteng - Katingan – Kegiatan Kemandiran Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Kasongan dalam bidang perkebunan mendapat perhatian langsung dari Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Holtikultura (BPTPH) Provinsi Kalimantan Tengah. Kunjungan tim BPTPH melihat langsung ke lapangan lapas terkait perkembangan tanaman Holtikultura dan Perkebunan Pisang yang sedang dikembangkan, Jumat (30/4/2021).

Kalapas Narkotika Kasongan yang diwakili oleh Ka. KPLP Suwono, Kasi Binadik Agus Ardyanto, Kasubag TU Agus Setiyawan, dan Kasubsi Bimker Agus Syamsuardi menyambut Kedatangan Tim dari BPTPH Provinsi Kalimantan Tengah dihadiri langsung oleh Kepala Balai Baini. Dalam kunjungannya, Tim BPTPH melakukan koordinasi dengan Lapas Narkotika Kasongan terkait cara penanganan Tanaman Holtikultura, pengendalian hama tanaman, dan pendampingan kegiatan pertanian tanaman pangan.

(Baca Juga : MAN Kotim Terbaik di LCC Empat Pilang Kebangsaan Tingkat Kalteng)

Kepala BPTPH, Baini menyampaikan, “Saya beserta tim akan melakukan pengecekan pada masing-masing tanaman yang ada di sini serta melihat apakah tanaman tersebut terserang penyakit atau tidak,” ucapnya.


Di sela pengecekan tanaman, Tim BPTPH memberikan penjelasan kepada Petugas ciri-ciri tanaman yang diserang penyakit atau tidak. “Saya lihat secara langsung beberapa tanaman Pisang yang berada di kebun ini terserang penyakit. Kami akan melakukan pengawasan secara rutin dan apa yang bisa kami bantu untuk meningkatkan produktivitas lahan ini,” pungkasnya.

Ka. KPLP, Suwono menyampaikan, “Salah satu kendala yang kita hadapi saat ini adalah tidak meratanya pohon pisang untuk berbuah mengingat kami menanamnya di atas tanah gambut. Kita ketahui bersama tanah gambut ini memiliki sifat asam yang tinggi serta cenderung kurang subur karena memiliki unsur hara yang terbatas, kami meminta saran dan petunjuk kepada Tim dari Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Holtikultura (BPTPH) terkait cara penanganan serta pengedalian hama penyakit,” tuturnya.


Garing salah satu penyuluh tanaman di bidang penyakit tanaman dari BPTPH menjelaskan cara penanganan hama pada pohon pisang. “Salah satu cara terbaik untuk menghentikan penyebaran hama ini kita harus menggantikan pohon yang terserang penyakit dengan pohon pisang yang baru. Saya dan tim BPTPH akan memberikan ilmu yang kami punya untuk kemajuan produktivitas tanaman di Lapas Narkotika Kasongan,” tutupnya. (Humas Lapas Narkotika Kasongan)

Lapas Kasongan

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook