Kakanwil Kemenag dan Subdit Sosbud Polda Bahas Sinergi Antarlembaga

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 28 Januari 2021 10:56, Dibaca 757 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Kakanwil Kemenag Kalimantan Tengah H. Abd Rasyid didampingi oleh Kabid Bimas Hindu Sisto Hartati menerima kehadiran Kasubdit Sosial Budaya Direktorat Intel Polda Kalteng AKBP Parmanibar dan rombongan, Kamis (28/1/2021). Pertemuan itu membahas sejumlah hal, diantaranya sinergi dua lembaga dalam menjaga kondusifitas Kalimantan Tengah.

Kakanwil H. Abd. Rasyid dalam pertemuan itu menuturkan, Kalimantan Tengah yang terdiri dari berbagai macam suku, agama, ras dan golongan ini merupakan cerminan kemajemukan yang harus terus dijaga persatuannya.

(Baca Juga : Koordinasi Kalapas Sampit Dengan Dinas Lingkungan Hidup Kotim Dalam Penanganan Sampah)

“Kondusifitas saat ini merupakan tanggung jawab bersama, dimana semua elemen masyarakat harus berpartisipasi. Tugas pelayanan dan pembinaan tentu merupakan tanggung jawab kami, jadi jika ada yang salah bisa kembali diluruskan,” ungkap Kakanwil.

Dalam konteks yang sama, menurut H. Abd. Rasyid, Polda berperan melakukan pembinaan jika terdapat hal-hal yang berkaitan dengan pelanggaran hukum, mobilisasi massa atau hal lain yang berpotensi mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Menanggapi hal itu, AKBP Parmanibar mengatakan, pihaknya berharap kondusifitas Kalimantan Tengah yang telah tercipta bisa dijaga dengan baik. Kementerian Agama selama ini telah berkontribusi besar dalam hal itu.

“Kami dengan kewenangan yang dimiliki tentu ingin memperkuat sinergi tersebut untuk mengantisipasi agar isu-isu agama tidak menjadi faktor pemecah persatuan. Termasuk perkembangan beberapa hal terbaru kemarin, sudah kami konsolidasikan. Jadi kehadiran kami ke sini juga untuk melaporkan dan sekaligus bersilahturahmi,” ungkap Parmanibar. (Ittung Handoyo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook