Tim Kesehatan Dampingi Pelaksanaan Rapid Tes 26 Tahanan Baru

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 15 April 2021 13:31, Dibaca 147 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Timur – Bertempat di Markas Kepolisian Resor Kotawaringin Timur, Tim kesehatan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit  melakukan pendampingan pelaksanaan kegaiatan rapid test kepada tahanan baru yang akan masuk ke Lapas, Rabu (14/4/2021). Pendampingan ini bertujuan untuk memastikan keakuratan dan sebagai bentuk sinergi serta tranparansi hasil rapid covid-19 bagi tahanan yang menyatakan bahwa setiap tahanan baru yang akan dimasukkan ke dalam Lapas/Rutan dengan hasil yang negatif/non reaktif.


Hal ini dilakukan sesuai dengan surat edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor :  PAS-PK.01.01.01-679 tanggal 20 mei 2020 tentang Penerimaan Tahanan yang Telah Berkekuatan Hukum Tetap di masa Pandemi Covid-19. Hal ini juga sesuai dengan Surat Kepala Kejaksaan Negeri Kotawaringin Timur yang disampaikan kepada Lapas Sampit dengan Nomor : B-174/O.2.11/Es.2/04.2021 tanggal 9 April 2021 tentang Pendampingan Dalam Pelaksanaan Rapid Test Covid-19 Terhadap Para Tahanan.

(Baca Juga : Umat Hindu Kalteng Tunjukkan Kepedulian Terhadap Korban Banjir Kalsel)


Daud Arisandy sebagai salah satu tim kesehatan Lapas Sampit yang mendampingi kegiatan ini melaporkan bahwa telah dilakukan pelaksanaan rapid tes terhadap 26 orang tahanan yang terdiri dari 24 orang pria serta 2 orang wanita, dan hasil dari rapid tes dinyatakan bahwa semua negatif/non reaktif. Kalapas Kelas IIB Sampit, Agung Supriyanto menyampaikan bahwa pendampingan tersebut bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan para tahanan yang akan dipindahkan ke Lapas Sampit.

"Pendampingan kegiatan ini dilakukan juga sebagai wujud sinergitas dengan sesama Aparat Penegak Hukum (APH) yakni Kejaksaan Negeri, Kepolisian dan Lapas setempat dalam menjalankan tugas bersama mencegah penyebaran covid-19 di Lapas Sampit,“ pungkas Kalapas. (Red-dok, Humas Kalteng, April 2021)

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook