Bekali Kemampuan Siswa Dengan Ekskul Fardu Kifayah

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 10 Maret 2021 08:36, Dibaca 377 kali.


MMCKalteng – Kotawaringin Timur – Berbagai langkah diupayakan oleh MTs Negeri 1 Kotawaringin Timur (Kotim) untuk membekali peserta didiknya dengan berbagai kemampuan. Salah satunya kemampuan dalam hal penanganan jenazah melalui ekstrakurikuler (ekskul) fardu kifayah.

Kepala MTs Negeri 1 Kotim Jainuddin menjelaskan, untuk mendukung ekskul fardu kifayah, pihaknya telah menyiapkan alat peraga. Terdapat dua model boneka yang menjadi alat praktik para siswa.

(Baca Juga : WBP Hindu Lapas Sampit Dengan Khidmat Beribadah)

“Ekskul fardu kifayah di madrasah ini bertujuan untuk membekali lebih awal kepada siswa-siswi dalam memahami ilmu tentang penanganan jenazah, sehingga ketika selesai belajar siswa sudah memiliki keterampilan,” kata Jainuddin, Rabu (10/3/2021), di Sampit.

Dikatakan, fardu kifayah menjadi sebuah kewajiban bagi seorang muslim. Jika seseorang atau sekelompok orang telah menunaikan fardu kifayah ini, maka gugurlah kewajiban muslim yang lainnya.

Tapi jika tidak ada yang menyelenggarakannya, maka berdosa kaum muslim dan fardhu kifayah ini hanya berlaku untuk umat islam.

“Ada empat M yang kewajiban muslim atas muslim lainnya yakni memandikan, mengkafani, mensalatkan dan menguburkan,” ungkapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, adanya ekskul tersebut akan menjadikan MTsN 1 Kotim sebagai madrasah yang unik dan berbeda dari sekolah lain. Karena siswa-siswi di usia remaja mampu menangani jenazah.

“Kebanyakan di usia remaja masih merasa takut dan merasa bukan tanggung jawabnya. Dengan belajar di MTsN ini semua siswa akan diberikan bekal keahlian fardhu kifayah, karena ini merupakan kewajiban sebagai seorang muslim oleh karenanya ini wajib diikuti seluruh siswa,” imbuhnya. (RH/Yon Efendi)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook