Kemenag Kalteng Kucurkan Bantuan Bagi Umat Buddha

Kontribusi dari Kemenag Kalteng, 18 Februari 2021 09:57, Dibaca 502 kali.


MMCKalteng – Palangka Raya – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah melalui Bimbingan Masyarakat Buddha menyerahkan bantuan sosial bagi sejumlah umat Buddha. Bantuan terdiri dari bantuan rehab rumah ibadah, Kelompok Kerja Guru (KKG), maupun Sekolah Minggu Buddha (SMB).

Bantuan terdiri dari bantuan pembangunan rumah ibadah Vihara Graha Sailendra sebesar Rp.400 juta. Kemudian bantuan renovasi rumah ibadah Vihara Avalokitesvara Sampit dan Vihara Nagarjuna masing masing sebesar Rp.50 juta. 

(Baca Juga : Aktivitas Kalapas Beserta Pegawai Lapas Sampit di Sabtu Pagi)

Selanjutnya, bantuan rumah ibadah sehat Vihara Buddha Bentot Barito Timur dan Vihara Brahma Vajra Palangka Raya masing-masing sebesar Rp.20 juta. Bantuan operasional lembaga pendidikan agama Buddha bagi MGMP Provinsi Kalimantan Tengah, KKG Provinsi Kalimantan Tengah, dan KKG Kota Palangka Raya masing-masing sebesar Rp.10 juta.

Terdapat pula bantuan sarana dan prasarana SMB Kasih Sampit sebesar Rp.15 juta, serta bantuan operasional lembaga pendidikan keagamaan Buddha SMB Metta Pangkalan Bun, SMB Graha Sailendra Pangkalan Bun, SMB Dharma Mula Sampit, SMB Kasih Sampit, SMB Gabi Vas Sampit, SMB Nagarjuna Palangka Raya, SMB Kalyanamitta Palangka Raya, SMB Sariputra Palangka Raya, SMB Gabi Vab Palangka Raya, SMB Gotama Muara Teweh masing-masing sebesar Rp.10 juta.

“Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Kakanwil Kemenag Kalimantan Tengah bapak H. Abd. Rasyid pada Selasa (16/2/2021) kemarin,” jelas Pembimas Buddha, Partiyem di kantornya, Kamis (18/2/2021).

Partiyem berharap bantuan tersebut dapat meningkatkan pelayanan sesama umat Buddha. Dia meminta kepada penerima bantuan untuk untuk mengikuti setiap petunjuk teknis dan ketentuan yang telah ditetapkan.

“Karena anggaran yang dikucurkan ini sudah ada mekanisme untuk penyalurannya, mohon bapak dan ibu bisa mengikuti juknis yang telah ada. Agar nantinya dapat dicairkan dan dipertanggungjawabkan kepada negara,” tambahnya.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag H. Abd. Rasyid mengatakan, program bantuan itu merupakan wujud hadirnya pemerintah melalui Kementerian Agama dalam upaya meningkatkan semangat melayani sesama umat.

“Saya berharap rumah ibadah yang nantinya akan direhab dan dibangun dapat meningkatkan kualitas kehidupan umat beragama. Begitu juga bagi penerima bantuan operasional, jadikan ini sebagai pemicu semangat dalam bekerja,” ungkap H. Abd Rasyid

Kakanwil menitip pesan agar selalu menjaga kerukunan umat beragama di Kalimantan Tengah. Jangan mudah terpancing gesekan-gesekan yang bisa menimbulkan konflik perpecahan. (Ittung Handoyo)

Kemenag Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook