Kalapas Sukamara dan Jajarannya Ikuti Sosialisasi Indikator Survei IPK-IKM

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 08 Februari 2021 13:00, Dibaca 125 kali.


MMCKalteng - Sukamara - Bertempat di ruang pertemuan, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara Joko Prayitno dan jajarannya mengikuti kegiatan Sosialisasi Indikator Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IPK-IKM) dan Survei Integritas. Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 09:00 WIB diikuti seluruh satuan kerja di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, yang terhubung secara virtual, Senin (8/2/2021).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM Sri Puguh Budi Utami. Dalam sambutannya, Ia menyampaikan tujuan dari kegiatan ini merupakan sosialisasi tentang cara penggunaan survei 3ASinergi 2021 yang telah diperbaharui dan dikembangkan. Dia juga mendorong satuan kerja untuk memberikan pelayanan terbaik.

(Baca Juga : Lapas Palangka Raya Berikan Pelayanan Kesehatan Bagi WBP yang Sakit)

"Mudah-mudahan teman yang bertugas untuk menyampaikan informasi terkait kegiatan mendapatkan feedback dari penerima layanan melalui QR Code (survei), melalui pemberian informasi terlebih dahulu tentunya dan yang pasti bahwa secara hakikat, secara nyata kita memang memberikan layanan dengan sebaik-baiknya, itu sebenarnya Ibu/Bapak intinya," ucapnya.


Sri Puguh Budi Utami juga menyampaikan bahwa dalam melaksanakan tugas harus dilakukan dengan sepenuh hati. "Jadi jangan sampai kita (salah) memahami aplikasi survei 3A, dalam kita memberikan layanan tapi semangat kita, hati kita, dan rasa kita tidak ada di sana. Kita ditugaskan dan diberikan mandat oleh pemerintah untuk memberikan layanan. Ketika kita bisa mengaplikasikan dan mengimplementasikan berbagai aturan dalam undang-undang dalam memberdayakan layanan, sudah pasti publik akan memberikan respon positif," ucapnya.

Sebagai penyelenggara pelayanan publik, Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara selalu berusaha meningkatkan kualitas pelayanan dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pengguna layanan, baik itu pegawai, Warga Binaan Pemasyarakatan, maupun pengunjung keluarga dari Warga Binaan. Dengan adanya survei 3ASinergi yang sudah diperbaharui dan dikembangkan dari Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM menjadi salah satu indikator yang memudahkan pengguna layanan untuk memberikan penilaian terhadap kualitas kinerja satuan kerja, terutama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Wili Bowo ketua IPK/IKM Balitbang Hukum dan HAM dalam paparannya menjelaskan tentang perubahan survei dari tahun ke tahun dan sekarang telah menggunakan Suvei digital. "Melalui Aplikasi survei 3A sebagai media survei digital yang dapat menghitung secara otomatis berdasarkan indikator penilaian dan pembobotan yang telah ditetapkan dengan proses penghitungan secara real time. Dengan ada survei 3AS ini akan mempercepat kita dalam mengetahui hasil penilaian dari masyarakat," ucap Wili bowo.


Aman Riyadi juga sebagai narasumber menjelaskannya tentang perubahan survei IPK/IKM setelah adanya pembaharuan dan perkembangan. "Ada sedikit perbedaan yang pertama dari sisi pertanyaan yang sudah disesuaikan dengan Menpan dan BPS. Kemudian untuk pengisian survei sekarang telah menyesuaikan situasi dan kondisi pada saat ini. Sehingga survei dapat diisi dimana saja dengan mengirim link QR Corde oleh pengguna layanan," tuturnya.

Di akhir kegiatan, Asep Syarifudin selaku Kepala Pusat Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan menutup secara resmi kegiatan sosialisasi dan menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh peserta. "Saya sangat berterima kasih kepada Ibu/Bapak yang telah antusias mengikuti kegiatan. Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan semua satker yang diusulkan tahun ini bisa mendapatkan predikat WBK/WBBM," tutupnya. (Red-dok, Humas Kalteng, Februari 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook