Lakukan Pendataan Kepariwisataan, Dispar Undang Stakeholder Parawisata di Kobar

Kontribusi dari Diskominfo Kobar, 04 Februari 2021 10:32, Dibaca 311 kali.


MMCKalteng - Kotawaringin Barat - Pada Kamis (4/2/2021) Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengundang beberapa stakeholder Pariwisata untuk menghadiri Rapat Koordinasi Bidang Pariwisata. Bertempat di Aula Dispar Kobar agenda rapat koordinasi pada kesempatan ini adalah pemenuhan kebutuhan data pariwisata dan penyelerasan sistem pelaporan data kepariwisataan.

Data merupakan salah satu faktor penting dalam mengukur kinerja organisasi. Demikian pula Dinas Pariwisata yang indikator kinerja utamanya dikur dari data-data pariwisata yang tentunya memerlukan kerja sama dari stakeholder pariwisata.

(Baca Juga : ASN Dishub Diklat Kelola CCTV Selama Tiga Bulan)

Rapat yang dipimpin oleh Sekretaris Dinas Pariwisata, Amirhansyah ini mengundang beberapa stakeholder yang mewakili berbagai pelaku usaha pariwisata. Amirhansyah mengatakan Dinas Pariwisata sangat mengharapkan kerja sama dari stakeholder untuk pemenuhan kebutuhan data pariwisata sesuai dengan bidang usaha mereka.

“Diantara data yang diperlukan adalah untuk asosiasi-asosiasi pariwisata meliputi nama asosiasi, SK, jumlah anggota, laporan kegiatan bulanan. Untuk destinasi wisata meliputi jumlah kunjungan wisatawan dan wahana yang ada di destinasi wisata. Data yang diperlukan untuk sektor perhotelan adalah jumlah tamu dan rata-rata lama tinggal. Kerja sama yang baik akan menghasilkan data yang lebih akurat,” terang Amirhansyah.

Ada 16 stakeholder yang hadir pada rapat koordinasi ini, yang mewakili destinasi wisata, sektor usaha perhotelan, sektor usaha rumah makan/kafe dan asosiasi pariwisata. Mereka menyatakan kesiapan untuk bekerja sama memenuhi kebutuhan data yang diperlukan Dinas Pariwisata. Selain itu, ada beberapa saran dan usulan dari stakeholder pariwisata yang bertujuan untuk memajukan pariwisata Kobar.

Kabid Kelembagaan dan SDM Pariwisata Dispar Kobar, Nusriadi mengharapkan adanya asosiasi baru di sektor pariwisata yang belum mempunyai wadah bagi usaha mereka. Dispar Kobar khususnya Bidang Kelembagaan dan SDM Pariwisata akan membantu dan memfasilitasi pembentukan asosiasi tersebut.

“Semoga Pariwisata Kobar semakin maju dan pelaku usaha pariwisata semakin berkembang,” ucapnya. (dispar kobar)

Diskominfo Kobar

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook