Rutan Palangka Raya Terima Pelimpahan Tahanan Palangka Raya Sebanyak 53 Orang

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 11 Februari 2021 16:51, Dibaca 67 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Palangka Raya kembali menerima 53 orang tahanan baru, setelah beberapa bulan sebelumnya telah menerima pelimpahan tahanan. Dalam pelaksanaan penerimaan pelimpahan Tahanan, Rutan Palangka Raya tetap menerapkan protokol kesehatan.

Hal itu terlihat dimulai dari kedatangan para tahanan di Rutan Palangka Raya harus mencuci tangan di wastafel yang telah disediakan setelah itu melalui bilik penyemprotan, kemudian diadakan pemeriksaan suhu tubuh oleh Petugas P2U Rutan Kelas IIA Palangka Raya. Selanjutnya, para tahanan diminta untuk menggunting kuku di jari tangan dan kaki dan mencuci tangan dengan menggunakan sabun, dilanjutkan pemeriksaan tes Rapid oleh Tim Medis Rutan Palangka Raya. Terakhir, para tahanan mendapatkan arahan dari Tim Kesehatan Rutan dan Kepala Rutan Palangka Raya, Kamis (11/2/2021).

(Baca Juga : Kanwil Kemenkumham Kalteng Ikuti Pembukaan Kegiatan Penyusunan RKBMN Tahun 2022)


Tahanan yang diterima Rutan Palangka Raya sebanyak 53 orang berasal dari Polda Kalimantan Tengah, Polresta Palangka Raya, dan BNN Kota Palangka Raya. Tim kesehatan Rutan Kelas IIA Palangka Raya menyampaikan kepada para tahanan baru bahwa tahanan baru diminta untuk menjaga kesehatan pribadi dan mengindahkan protokol kesehatan yang ditetapkan antara lain pentingnya menggunakan masker dan menjaga jarak. Selain itu diharapkan agar penggunaan peralatan makan harus dirawat masing-masing dan tidak digunakan secara bergantian.

Erikjon Sitohang Kepala Satuan Pengamanan Rutan menghimbau tahanan baru untuk mematuhi ketentuan yang telah disampaikan terkait protokol kesehatan dan terkait hak dan kewajiban warga binaan di dalam Rutan Palangka Raya. "Bila tahanan baru kedapatan melanggar aturan yang ditetapkan maka akan ada sanksi tegas yang diberikan," tegasnya.


Disampaikan pula bahwa selama 21 hari ke depan dimulai dari hari ini, ke 53 orang tahanan akan diisolasi dalam blok isolasi yang telah disiapkan. Selama dalam blok isolasi diminta agar semua tahanan baru dapat menjaga kebersihan, keamanan dan ketertiban. Saat pagi hari dihimbau agar dalam blok isolasi tahanan dapat berolahraga ringan selain itu saat berinteraksi tetap dengan posisi menjaga jarak dan menggunakan masker. Apabila dalam masa isolasi, ada tahanan baru sudah ada yang akan mengikuti sidang online, maka akan diatur oleh petugas Rutan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19. (Red-dok, Humas Kalteng, Februari 2021).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook