Tim Yankomas Rutan Buntok Ikuti Pengukuhan Pos Yankomas pada Jajaran Kanwil Kemenkumham Kalteng

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 10 September 2020 14:30, Dibaca 24 kali.


MMCKalteng - Barito Selatan - Kepala Rutan Kelas IIB Buntok, Mastur beserta jajaran dan Tim Yankomas Rutan Buntok mengikuti kegiatan Pengukuhan Pos Yankomas pada Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah secara virtual, Kamis (10/9/2020). Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Tengah Ilham Djaya memberikan arahan dan penguatan terkait tugas dan fungsi Pelayanan Komunikasi Masyarakat.

Bahwa Yankomas merupakan upaya pemerintah untuk mendorong penyelesaian dugaan pelanggaran Hak Asasi Manusia sebagai wujud perlindungan dan pemenuhan hak asasi manusia. Berdasarkan Permenkumham Nomor 32 Tahun 2016 Tentang Pelayanan Komunikasi Masyarakat Terhadap Permasalahan Hak Asasi Manusia.

(Baca Juga : Sebanyak 30 Orang Tahanan Yang Memiliki Kekuatan Hukum Tetap Dari Polres Kotim Diterima Lapas Sampit)


Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas) merupakan pemberian layanan terhadap masyarakat tentang adanya permasalahan Hak Asasi Manusia yang dikomunikasikan maupun yang tidak/belum dikomunikasikan. Permasalahan HAM yang dimaksud adalah segala hal berkenaan dengan adanya dugaan pelanggaran HAM yang terjadi di masyarakat.

Setelah dilaksanakannya Pengukuhan Pos Yankomas, Kepala Rutan Buntok memberikan penguatan kepada Tim Yankomas Rutan Buntok untuk dapat melaksanakan tugas yang telah diamanahkan dengan sebaik-baiknya.


“Tanamkan selalu sikap jujur, adil, ikhlas, ramah tamah dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas. Seperti yang sudah disampaikan, kita sebagai pelaksana Yankomas merupakan unit kerja yang menjalankan tugas dan fungsi pelayanan komunikasi masyarakat mengenai adanya aduan atau laporan dari masyarakat. Sudah sepatutnya kita bisa memberikan pelayanan publik yang optimal dan berbasis HAM,” terang Mastur. (Red-dok, Humas Kalteng, September 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner
Mari Jaga Lingkungan Kita.
Kalteng Bicara Baik.

Facebook