Deteksi HIV, IMS dan TB Paru, Lapas Narkotika Kasongan Gelar Mobile VCT & Skrining TB Paru

Kontribusi dari Lapas Kasongan, 01 April 2021 10:30, Dibaca 63 kali.


MMCKalteng - Katingan – Guna antisipasi terjadinya penularan HIV/AIDS, Infeksi Menular Seksual (IMS) dan TB Paru, Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan bekerja sama dengan Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Kasongan menggelar Mobile VCT dan Skirining TB Paru pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) serta Pegawai Lapas Narkotika Kasongan, Kamis (1/4/2021). Kegiatan Mobile VCT dan Skirining TB Paru dilaksanakan di Aula Poliklinik Lapas Narkotika Kasongan.

Kegiatan ini menargetkan sekitar 200 warga binaan yang akan dilakukan pemeriksaan Mobile VCT dan Skirining TB Paru oleh Tim Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan. Kegiatan ini berlangsung selama 1 hari dimulai pukul 10.00 WIB.

(Baca Juga : Koordinasi Perancang Peraturan Perundang-Undangan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah dengan Dinas PUPR Provinsi Kalimantan Tengah )

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Kelas IIA Kasongan Ahmad Hardi menyampaikan, “Allhamdulillah kegiatan Mobile VCT dan Skirining TB Paru dapat terlaksana berkat kerja sama yang baik dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan,” tuturnya.


“Kita ketahui kondisi di Lapas Narkotika Kasongan sudah Over Capacity, 1 ruangan/kamar yang berisi dengan beberapa WBP serta kondisi ventilasi yang tidak cukup memadai, sehingga penyakit TB tidak dapat terhindarkan. Oleh sebab itu kegiatan seperti ini sangat perlu dilakukan guna memutuskan mata rantai penularan yang sudah terjadi. Saya sangat berterimakasih dan mengapresiasi setinggi-tingginya atas terlaksananya kegiatan ini,” ungkapnya.


Kasi P2PM Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan Lesi turut hadir dalam kegiatan ini dan menyampaikan, “Penyebaran penularan HIV/AIDS, Infeksi Menular Seksual (IMS) dan TB Paru saat ini masih menjadi momok yang menakutkan di Indonesia. Pasalnya indonesia menjadi salah satu lokasi dengan penderita penularan terbesar di dunia. Sebagaimana upaya dalam melakukan penemuan dini serta mencegah terjadinya penularan HIV/AIDS, Infeksi Menular Seksual (IMS) dan TB Paru. Hari ini Tim kami dari Dinas Kesehatan Kabupaten Katingan melakukan langkah nyata untuk mencengah HIV/AIDS, Infeksi Menular Seksual (IMS) dan TB Paru di Lapas Narkotika Kelas IIA Kasongan,” paparnya.

Sementara, Kasubsi Bimkemaswat Heru Setyo menambahkan, “Kegiatan hari ini diharapkan menjadi bagian dari kepedulian kita bersama terhadap kondisi kesehatan WBP. Kita sejatinya melakukan proses pembinaan melalui kegiatan-kegiatan yang telah terprogramkan. Apabila kesehatan WBP terganggu selama proses pembinaan, maka proses pembinaan pun akan terganggu,” ucapnya. (Humas Lapas Narkotika Kasongan)

Lapas Kasongan

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook