Pilkada Di Lapas Dan Rutan Sekalimantan Tengah Berjalan Aman Dan Kondusif

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 28 Juni 2018 09:59, Dibaca 1,037 kali.


Tambun Bungai – Pelaksanaan Pilkada (Pemilihan Umum Kepala Daerah) 10 Kabupaten dan 1 Kota di Provinsi Kalimantan Tengah di Provinsi Kalimantan Tengah Rabu (27/06) berjalan aman tertib dan lancar tanpa ada kendala apapun. Begitu juga halnya dengan Pemili Kada yang dilaksanakan di Lapas/Rutan yang ada di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah dimana pada pelaksanaannya berjalan aman dan kondusif.

Hal ini berdasarkan laporan yang didapatkan Humas Kantor Wilayah dari para Kepala Lapas/Rutan Se-Kalimantan Tengah. Kepala Divisi Pemasyarakatan Anthonius Mathius Ayorbaba dalam keterangannya menyampaikan bahwa kemaren secara serentak Jajarannya yang ada di Lapas/Rutan telah melaksanakan Pilkada dengan aman dan kondusif. Hal ini atas kerjasama yang baik antara pihak KPU, Banwaslu dan kita sendiri (Lapas/Rutan). Dimana para Narapidana/Tahanan bisa menyalurkan aspirasinya melalui Pemilu Kada yang kita laksanakan.

(Baca Juga : Pameran Expo Hasil Karya Wara Binaan Rutan Palangka Raya)

Menurut Anthon, pelaksanaan Pilkada di Lapas/Rutan yang kita laksanakan hanya boleh bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang memiliki KTP/berdomisili diwilayah setempat. Seperti kita ketahui bersama bahwa WBP yang menghuni Lapas/Rutan bukan hanya warga daerah setempat akan tetapi banyak yang berdomisili atau ber-KTP dari luar daerah sehingga walaupun Jumlah penghuni yang ada jumlahnya over crowdied akan tetapi WBP yang bisa melakukan pemungutan hanya bagi mereka yang terdaftar di KPU sebagai pemilih yang sah, tegas Anthon.

Sementara Yoseph, Kepala Kantor Wilayah yang menyempatkan meninjau pelaksanaan Pilkada di Lapas dan Rutan di Kota Palangka Raya mengucapkan terima kasih atas pelaksanaan Pemilu Kada yang berjalan aman, tertib dan lancar tanpa ada campur tangan dari pihak manapun sehingga pelaksanaannya benar-benar independen. Menurutnya hal ini karena adanya kerjasama yang baik dari seluruh pihak baik para petugas maupun para WBP.

Selain itu juga, secara khusus Kakanwil mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Palangka Raya yang juga turut hadir memantau pelaksanaan Pilkada di Lapas/Rutan yang mana memberikan pengamanan sehingga dalam pelaksanaannya sesuai dengan apa yang kita harapkan yakni Lapas/Rutan tetap aman dan kondusif.

Harapnya, pada Pilkada serentak ini bagi siapa saja yang menang tentunya bisa amanah, membawa perubahan yang baik kepada daerah serta mau memperhatikan masyarakatnya, lebih khusus kepada kita sebagai petugas pembina dan bagi mereka (WBP) ucap Yoseph Kakanwil Kemenkumham Kalteng. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Jun. 2018).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook