Peduli Kesehatan WBP, Lapas Sampit Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Bersama Puskesmas Ketapang I Kotim

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 30 Januari 2020 16:01, Dibaca 666 kali.


MMCKalteng - Sampit - Dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik bagi Warga Binaan Pemasyarakatan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit melaksanakan pemeriksaan kesehatan rutin yang dilaksanakan setiap bulannya, bekerjasama dengan Dokter dan Petugas kesehatan dari Puskesmas Ketapang I Kotawaringin Timur, bertempat di ruang klinik Lapas sampit, Kamis (30/1/2020).

Kesehatan merupakan salah satu hak dasar yang harus dipenuhi oleh Negara bagi seluruh warga negaranya tanpa terkecuali, begitu juga bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang menjadi tanggung jawab Lembaga Pemasyarakatan atau Rumah Tahanan Negara (Lapas/Rutan) yang harus mendapat pelayanan kesehatan dan perawatan yang baik. Pelayanan yang tersedia bersifat komprehensif yang meliputi penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan, pengobatan, rujukan ke pelayanan kesehatan dan kesehatan lingkungan.

(Baca Juga : Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalteng Periksa Urine 101 Pegawai Lapas Palangka Raya)

Seperti yang dilakukan oleh Kepala Seksi Bimbingan narapidana/anak didik dan kegiatan kerja Suhaimi melalui Daud Arisandy selaku Pengelola Data Kesehatan Lapas Kelas IIB Sampit dan Rahmad Husaini selaku Perawat tenaga kontrak Dinas kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur yang bertugas di Klinik Lapas Kelas IIB Sampit. Kegiatan meliputi pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh dr. Anna Setyowati dan Rizky, Amd.Kep yang melakukan pemeriksaan fisik bagi Warga Binaan Pemasyarakatan dengan difokuskan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan yang mempunyai faktor resiko seperti obesitasi, lansia, pemeriksaan tekanan darah, atau yang mempunyai riwayat penyakit sebelum yang bersangkutan bermasalah dengan hukum. (Red-dok, Humas Kalteng, Jan 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook