Pelaksanaan Family And Society Gathering Lpka Palangka Raya Diwarnai Isak Tangis Dan Haru Orang Tua Anak Didik

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 17 April 2018 21:54, Dibaca 551 kali.


Palangka Raya – Dalam rangkaian memeriahkan hari bhakti Pemasyarakatan yang ke 54 Tahun 2018 ini, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI melaksanakan kegiatan Family and Society Gathering yang di pusatkan pelaksanaannya diseluruh Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) se-nusantara.

Di Provinsi Kalimantan Tengah Bumi Pancasila, pelaksanaannya di pusatkan di LPKA Kelas II Palangka Raya walaupun ada Unit Pelaksana Teknis (UPT) lainnya seperti Lapas Muara Teweh dan Rutan Tamiang Layang juga melaksanakannya, ungkap Anthonius Mathius Ayorbaba dalam sambutannya saat acara pembukaan Family and Society Gathering, Selasa (17/04).

(Baca Juga : Bangun Mitra Kerja Yang Baik, Kakanwil Ajak Para Pimpinan Tinggi Pratama Kunjungi BPKP Perwakilan Kalimantan Tengah)

Dikatakannya, Family and Society Gathering mengangkat tema “Tetap Ceria Meraih Asa” sebagai bentuk ungkapan rasa sayang, rasa cinta serta rasa kebersamaan antar sesama (Petugas, Keluarga dan Anak). Selain itu tidak kalah pentingnya yaitu untuk memberikan pengetahuan tentang arti pengorbanan orang tua yang membesarkan seorang anak, sehingga dengan adanya kegiatan ini keluarga dan anak dapat berkumpul bersama dalam melepas kasih antar sesama, ungkap Anthon.

Sementara, Kepala LPKA Kelas II Palangka Raya Mubasiruddin menerangkan bahwa dalam pelaksanaannya, ada 3 kegiatan yang dilakukan yakni membasuh/mencuci kaki orang tua secara serentak, melukis diatas kanvas serta khataman Al-Qur’an.

Pada acara pertama, yakni membasuh kaki orang tua serentak yang diwakili oleh 5 (lima) anak binaan atas nama Gilang Assidiq, Riko, Rayzi Rahman, Jufriyani dan Naldy Saputra suasana khidmat sangat terasa karena pada momen ini anak-anak binaan tersebut meminta maaf kepada orang tuanya atas kesalahan yang mereka lakukan sehingga menjadi anak binaan LPKA Kelas II Palangka Raya. selanjutnya mereka membasuh/mencuci kaki orang tua dan melapnya dengan handuk hingga bersih. Bukan hanya orang tua dan anak binaan saja, isak tangis dan perasaan haru pun  menyelimuti seluruh peserta serta tamu undangan yang hadir pada acara tersebut.

Pada kegiatan kedua, 3 anak binaan bernama Acing, Dido dan Riko mewakili teman-temannya untuk kegiatan melukis diatas kanvas. Dari hasil lukisannya Acing berhasil menyelesaikan lukisan pemandangan, Dido berhasil menyelesaikan lukisan bunga, sementara Riko yang melukis karikatur belum selesai 100% akan tetapi lukisan Riko sangatlah unik karena dilukis dengan menggunakan kulit telur. Menurut Basir dari kegiatan melukis ini kita melihat bakat yang nantinya bisa kita bina lebih lanjut.        

Selanjutnya pada kegiatan ketiga yakni Khataman Al-Qur’an. Pada kegiatan Khataman ini dilaksanakan oleh 10 orang anak binaan yang beragama Islam. Dengan dipandu para ustadzah dari Kementerian Agama Kota Palangka Raya, para anak binaan kita berhasil menyelesaikan Khatam Al-Qur’an dengan baik dan lancar.

Sementara Plh. Kepala Kantor Wilayah Hajrianor yang menghadiri kegiatan tersebut mengharapkan dari pelaksanaan Family and Society Gathering ini para anak-anak  yang menjadi binaan LPKA Kelas II Palangka Raya bisa menyadari akan kesalahan yang telah mereka lakukan sebelumnya. Terlebih melihat momen mencuci kaki orang tua tersebut mungkin merupakan satu momen spesial yang mungkin tidak pernah dilakukan sebelumnya. Untuk itu diharapkan kepada seluruh orang tua yang hadir agar selalu mendo’akan anak-anaknya yang menjadi anak binaan LPKA, selalu berikan semangat serta motivasi sehingga mereka kelak bisa menjadi anak baik dan berguna bagi dirinya sendiri, keluarga dan juga masyarakat. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Apr. 2018).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook