Lebaran Hari Pertama Lapas Palangka Raya Pada Masa Pandemi Covid-19

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 24 Mei 2020 16:43, Dibaca 179 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya - Ada yang berbeda dengan lebaran tahun ini di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Palangka Raya. Pelaksanaan takbir dan sholat Idul Fitri hanya dapat dilakukan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di kamar mereka masing-masing, Minggu (24/5/2020).

Hal tersebut juga sangat dirasakan dengan tidak adanya layanan kunjungan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) demi mencegah masuknya Covid-19 ke dalam Lapas Palangka Raya. Oleh karena itu, pihak keluarga hanya diperbolehkan untuk menitipkan barang atau makan serta melakukan video call dengan sarana dan prasarana yang telah disiapkan oleh pihak Lapas Palangka Raya.

(Baca Juga : Pastikan Bebas Dari Narkoba, LPKA Palangka Raya Gelar Tes Urine)

Penitipan barang atau makanan ini dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan, yaitu pengunjung harus dicek suhu tubuhnya agar memastikan pengunjung tersebut tidak memiliki salah satu tanda Covid-19 yaitu demam tinggi, pengunjung harus memakai masker dan menjaga jarak saat memasuki area Lapas Palangka Raya serta makanan harus disemprot dengan disinfektan yang aman sebelum diperiksa oleh petugas dan diberi kepada WBP.

Untuk penitipan barang atau makanan, pihak Lapas Palangka Raya membuka layanan pada pagi dan sore hari. Jadwal pagi dari pukul 09.00 sampai dengan 12.00 WIB dan jadwal sore dari pukul 12.00 sampai dengan 15.00 WIB.

Selain itu, sebagai ganti dari layanan kunjungan maka seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dapat berkomunikasi dengan keluarganya melalui video call yang telah disediakan dan dipantau secara langsung oleh petugas agar layanan berjalan aman dan lancar.

Kepala Lapas Palangka Raya, Syarif Hidayat, menurunkan seluruh staf secara bergiliran untuk memberikan pelayanan di layanan kunjungan online via video call dan layanan penitipan barang atau makanan.

Beliau menyampaikan bahwa beberapa hal ini dilakukan agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi para WBP Lapas Palangka Raya di tengah pandemi Covid-19 ini.

"Untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi WBP Lapas Palangka Raya, kami sejak lama telah membuka layanan video call terutama untuk hari lebaran ini, tanpa dipungut biaya apapun. Dan juga kami membuka layanan penitipan barang dan makanan, agar WBP tetap bisa merasakan lebaran tahun ini dengan aman dan nyaman. Sehingga penularan Covid-19 pun bisa dihindari," ungkap Syarif. (Red-dok, Humas Kalteng, Mei 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook