Kakanwil Kemenkumham Kalteng Ketua Rombongan VI Anjangsana Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 14 Agustus 2018 13:07, Dibaca 605 kali.


Palangka Raya – Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke 73 Tahun 2018 ini kembali Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan kegiatan Anjangsana ke Panti Sosial/Lembaga Kesejahteraan Sosial yang ada di Kota Palangka Raya, Selasa (14/08).

Dalam kegiatan anjangsana tersebut, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah menentukan 10 titik lokasi yang menjadi titik/tujuan dari kegiatan anjangsana kali ini. Untuk Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah sendiri tergabung didalam rombongan VI dimana didalamnya terdapat seperti Korem 102 Panju Panjung, Instansi Pemerintah Provinsi seperti Dinas Koperasi dan UKM, Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kehutanan, Badan Pusat Statistik. Sedangkan untuk Instansi Pemerintah Kota Palangka Raya yang tergabung didalamnya yakni Inspektorat, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Pendidikan, BAPPEDA, Dinas Perhubungan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Selain itu juga dari Bank Muamalat, Dealer Yamaha Surya Pratama dan Indomaret RTA Milono.

(Baca Juga : PERTANDINGAN EKSIBISI VOLLY BALL ANTAR PEJABAT DIIKUTI OLEH PLT. KAKANWIL DAN PARA PIMTI)

Tepat pukul 08.00 WIB, rombongan IV kegiatan anjangsana berangkat dari titik berkumpul anggota rombongan yakni di Makorem 102 Panju Panjung Palangka Raya untuk menuju lokasi yang sudah ditentukan yakni Lembaga Kesejahteraan Sosial dan Anak (LKSA) Darul Amin Palangka Raya yang beralamtkan di Jalan Yakut I No. 18 Palangka Raya. Setibanya dilokasi, Rombongan disambut langsung Pimpinan LKSA H. Abdul Mukti dengan diiringi tarian hadrah dari anak-anak LKSA Darul Amin Palangka Raya. 

Ketua LKSA H. Abdul Mukti dalam laporannya menyampaikan bahwa LKSA merupakan sebuah Yayasan Panti Asuhan yang dikembangkan berfokus pada proses pendidikan. Ada 3 ciri karakteristik dari program yang diusung LKSA dalam melaksanakan tugasnya. Yang pertama adalah Memprioritaskan anak-anak yatim piatu, fakir miskin, kaum duafa serta anak-anak terbuang (terpinggirkan) dengan mengasramakan mereka disini. Kedua adalah Pendidikan. Disini kita memberikan pendidikan kepada mereka dengan sistem dan proses pendidikan ala pesantren. Ketiga, para Pendidik diharapan mampu menjadi contoh atau teladan bagi anak-anak Panti/Yayasan.

Dikatakannya, saat ini LKSA sudah menampung 120 anak dengan jumlah pendidik sebanyak 20 tenaga pengajar. Akan tetapi masih ada sekitar 300 anak yang belum bisa tertampung diasrama karena keterbatasan tempat yang kita miliki. Pendiri LKSA Alm. H. Ahmadi Isa pernah berpesan kepadanya bahwa dirinya berharap antara 20-25 tahun kedepan agar terbentuk Pondok Pesantren setingkat SMA dan itu harapan beliau semasa masih hidup. Oleh karena itu melalui kegiatan anjangsana ini dirinya berharap agar adanya pihak donatur yang terus membantu tujuan kita bersama agar nanti kedepan kita bisa menjadi orang tua didik bagi anak-anak yang nasibnya kurang beruntung seperti kita, Insya Allah ucap H. Abdul Mukti.

Sementara Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran dalam sambutannya yang dibacakan Yoseph, Kakanwil Kemenkumham Kalteng mengatakan bahwa Momentum dari Peringatan Kemerdekaan RI ke 73 ini dirinya mengajak agar kita mampu meningkatkan kualitas nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan, kesetiakawanan dan restorasi sosial. Dengan semangat serta tradisi gotong royong mari kita untuk bisa saling berbagi dan membantu kaum yang lemah khususnya para penyandang masalah kesejahteraan sosial yang ada dilingkungan masyarakat kita.

Melalui kegiatan anjangsana seperti ini diharapkan menjadi wujud nyata silaturrahmi antar Pejabat  atau Aparatur Sipil Negara baik itu TNI, POLRI, ASN, Instansi Vertikal, BUMN, BUMDdan Perusahaan swasta dengan para penyandang masalah kesejahteraan sosial yang berada dan tinggal di Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) baik yang dikelola masyarakat maupun pemerintah. Dengan anjangsana mari kita wujudkan kepedulian pemerintah kepada rakyatnya. Dengan ikhlas berbagi maka semua akan terasa indah dan tentunya akan mendatangkan pahala bagi semua. Keharmonisan pun akan tercipta karena adanya hubungan emosional yang erat antara pemerintah dan rakyatnya, sehingga akhirnya apa yang kita harapkan bersama yaitu menuju Kalteng BERKAH (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis) akan mudah kita mencapainya. 

Usai membacakan Sambutan Gubernur Kalimantan Tengah, pada ini juga Kakanwil Kemenkumham Kalteng selaku ketua rombongan IV kegiatan Anjangsana HUT Kemerdekaan RI ke 73 Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah secara simbolis menyerahkan bantuan kepada pihak LPKA Darul Amin Palangka Raya dan diterima langsung oleh Ketua Yayasan/Panti H. Abdul Mukti dengan disaksikan seluruh anggota rombongan dan anak-anak panti.  (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Agust 2018).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook