Giat Keterampilan WBP Perempuan Rutan Kelas IIB Buntok

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 29 April 2020 14:41, Dibaca 235 kali.


MMCKalteng - Buntok - Meski menjalani masa pidana tidak membatasi diri bagi warga binaan pemasyarakatan perempuan Rutan Kelas IIB Buntok untuk berkarya. Selama menjalani hukuman pidana, warga binaan tidak hanya diam menunggu hukumannya saja namun mereka bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan pembinaan kemandirian. (Rabu, 29/4/2020).

Setelah mencoba membuat kerajinan tangan berbahan dasar benang rajut, warga binaan perempuan Rutan Buntok kembali mencoba membuat kerajinan tangan berupa keset lantai yang berbahan dasar kain perca. Kain-kain yang tidak terpakai mereka kumpulkan dan menghasilkan sebuah karya yang indah dan bermanfaat. Salah satu warga binaan yang cekatan dalam pembuatan kerajinan tangan itu mengaku dalam pembuatannya membutuhkan sekitar 2 (dua) hingga 3 (tiga) hari tergantung ukuran dan kerumitan pembuatannya.

(Baca Juga : Bupati Kotawaringin Barat Siapkan Gedung Operasional Untuk Unit Kerja Keimigrasian Kantor Imigrasi Sampit Di Pangkalan Bun)

Namun ada beberapa kendala dalam penerapan pembinaan kemandirian ini, yaitu tidak adanya kerjasama dengan pihak luar dan kurangnya bahan dasar dalam pembuatan kerajinan tangan. Kepala Rutan Buntok Mastur) melalui petugas pembinaan kemandirian Junaidi mengupayakan agar pembinaan kemandirian bagi warga binaan Rutan Buntok bisa terus berlanjut dan untuk bahan dasar pembuatan kerajinan tangan tersebut bisa tercukupi. Namun, karena terhalangnya dengan pandemi global Corona Virus Disease (Covid-19) sementara waktu menggunakan bahan dasar yang masih tersedia.

Kepala Rutan Buntok berharap dari kegiatan ini dapat bermanfaat bagi warga binaan selama menjalani masa pidana dan bisa menjadi bekal bagi warga binaan setelah bebas nanti, serta untuk kemajuan Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Buntok dalam pembinaan kemandirian. (Red-dok, Humas Kalteng, April 2020).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook