Monev Kegiatan TaniMas oleh Tim dari Badan Ketahanan Pangan Kementrian Pertanian RI

Kontribusi dari DINAS KETAHANAN PANGAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH, 16 Desember 2019 00:00, Dibaca 388 kali.


Badan Ketahanan Pangan Kementrian Pertanian terus berusaha untuk membangun ketahanan pangan, salah satunya adalah dengan diadakannya kegiatan Pertanian Masuk Sekolah ( TaniMas ). Program Pertanian Masuk Sekolah (TaniMas) adalah merupakan program prioritas Menteri Pertanian di enam bulan pertama kerja Kementerian Pertanian RI. Peluncuran program ini adalah sebagai salah satu upaya dalam membentuk ketahanan pangan di Indonesia. Salah satu tujuannya adalah  untuk menarik minat generasi milenial di sektor pertanian. Dalam penerapannya, diharapkan siswa dapat memahami dan menemukan solusi untuk mengatasi masalah regenerasi petani melalui materi pembelajaran mereka. Hal ini juga diharapkan dapat menumbuhkan kebiasaan siswa untuk mengonsumsi sayur dan buah hasil panen sekolah sehingga dapat meningkatkan standar kecukupan konsumsi sayur di Indonesia, kegiatan TaniMas 2019 ini diharapkan sukses dan berkelanjutan hingga tahun setelahnya dan mencapai tahap kemandirian.

Program TaniMas 2019 yang menggunakan konsep kebun sekolah diharapkan dapat mendorong kegiatan family farming dengan memberikan keuntungan ganda baik bagi pihak sekolah maupun bagi para guru dan siswanya. Program TaniMas dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan bekerjasama dengan BPTP Kalimantan Tengah. Melalui arahan Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah Dra. LILIS SURIANI, MM., MM.RS yang telah dilaksanakan di SMAN 4 Palangka Raya dan SMKN 7 Palangka Raya sendiri menunjukkan komitmen terhadap implementasi program ini secara aktif, terlihat dari antusiasnya guru dan murid dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Sebagai tindak lanjut kegiatan TaniMas yang telah dilaksanakan maka pada tanggal 16 Desember 2019 dilakukan monitoring dan evaluasi oleh Tim dari Badan Ketahanan Pangan Kementrian Pertanian dan Tim dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah, untuk memastikan pelaksanaan kegiatan tersebut baik itu dari pelaksaan fisik maupun administrasi.

(Baca Juga : ANTISIPASI GEJOLAK HARGA BAWANG PUTIH AKIBAT ISSUE MEREBAKNYA VIRUS CORONA, SATGAS PANGAN DAN TPID PROVINSI KALIMANTAN TENGAH GELAR SIDAK PASAR)

DINAS KETAHANAN PANGAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook