KADIS TPHP PROV KALTENG PANEN PADI DI LAHAN GAMBUT BERPASIR, KEC.MANTANGAI, KAPUAS

Kontribusi dari TPHP Prov Kalteng, 14 April 2020 06:01, Dibaca 967 kali.


MMCKalteng - Mantangai-Kapuas – Tantangan petani menghadapi  kendala pandemi Covid-19 memasuki musim panen padi di bulan April ini cukup berdampak dengan perubahan dan penyesuaian mekanisme dan prosedur `Social Distancing` yang diterapkan petani di lahan. Oleh karena itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Provinsi Kalimantan Tengah Hj. Sunarti mengapresiasi kegiatan panen padi di Desa Humbang Raya, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas. Potensi lahan gambut berpasir untuk pengembangan budidaya padi inbrida mulai dikembangkan di wilayah ini.

"Hasil ubinan varietas Inpari 42 mencapai 7,68 ton/hektar gabah kering panen. Dengan karakteristik lahan gambut yang didominasi pasir, hasil ini dapat memicu perluasan areal tanam disertai pengelolaan intensif untuk pengairan, pemupukan dan pengendalian hama terpadu,“ ucap Hj.Sunarti kepada Kelompok Tani Mulya Asih, Desa Humbang Raya, Kec.Mantangai setelah kegiatan panen dan ubinan di lahan, Senin (13/4/2020).

(Baca Juga : Pemantauan Harga dan Pasokan Pangan Pokok)


"Berdasarkan arahan dari Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas,  Bapak Edi Dese, kami juga menanam padi varietas Inpari 30 di sebagian lahan pada periode panen April ini. Hasil ubinan mencapai 8,48 ton/ hektar GKP,“ terang Zainullah, Ketua Poktan Mulya Asih kepada Kadis TPHP Prov Kalteng.

"Perbedaan jenis varietas mempengaruhi kuantitas produksi, alangkah baiknya memilih jenis varietas yang sesuai dengan potensi lahan. Provitas Inpari 30 yang lebih tinggi bisa jadi pilihan untuk periode tanam berikutnya," urai Hj. Sunarti.

"Saat ini, wilayah Kalteng juga sedang dilanda Pandemi Covid-19, jangan lupa jaga jarak, jaga kesehatan Bapak- Bapak ketika berada di lahan. Gunakan Alat Pelindung Diri saat di lahan, serta hindari pertemuan dalam jumlah besar. Tetap bekerja demi ketersediaan pangan. Semangat!“ pesan Kadis TPHP Prov Kalteng mengakhiri temu wicaranya. (by. Ita –PMHP)

TPHP Prov Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook