Di Hari Libur Kerja Kakanwil Kemenkumham Kalteng Kunjungi Rutan Kuala Kapuas

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 18 Februari 2019 09:13, Dibaca 604 kali.


MMCKalteng – Sebagai Pimpinan baru di Kantor Wilayah Kemeterian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah, Kepala Kantor Wilayah Juliasman Purba melakukan kunjungan ke Kabupaten Kapuas dalam rangka meninjau salah satu UPT di Jajaran Kanwil Kemenkumham Kalteng Yakni Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas II B Kuala Kapuas, Sabtu (16/02).

Dalam keterangannya Kakanwil mengatakan bahwa kunjungannya ke Kora Air Kuala Kapuas, selain untuk pemanfaatan waktu libur kerja juga dalam rangka meninjau langsung lokasi keberadaan Rutan Kuala Kapuas yang menjadi salah satu Rutan tertua yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah.

(Baca Juga : DIHARI PERTAMA KERJA, PLT. KAKANWIL KUMPULKAN PARA PIMTI BAHAS TIGA AGENDA PENTING)

Tiba di Rutan, Kakanwil disambut langsung oleh Kepala Rutan Kuala Kapuas Husaini beserta Jajarannya. Dilokasi Kakanwil langsung meninjau keberadaan blok napi dan tahanan.  Didalam blok Kakanwil menyempatkan berdialog dengan beberapa Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terkait keberadaan mereka selama menjadi warga binaan di salah satu Rutan dilingkungan Kanwil Kemenkumham ini.

Dalam dialog tersebut, Kakanwil meminta kepada WBP untuk menjaga kebersihan lingkungan Rutan baik itu kamar hunian maupun lingkungan blok, agar terhindar dari penyakit. Terlebih saat ini musim hujan dimana wabah penyakit akan cepat berkembang apabila lingkungan kotor. Kakanwil juga meminta kepada seluruh WBP rutan agar mentaati peraturan dan bekerjasama dengan petugas untuk menjaga lingkungan Rutan agar tetap aman dan kondusif.

Usai menyampaikan beberapa pesannya ke para WBP didalam blok, Kakanwil juga meminta kepada pihak Rutan Kuala Kapuas agar selalu melaksanakan razia rutin yang sifatnya insidentil terlebih ada edaran dari Direktorat Jenderal Pemasyraakatan terkait tentang langkah Progresif tentang Pemberantasan Narkoba dan Handphone di Lapas/Rutan seluruh Indonesia.

Selanjutnya Kakanwil juga meminta kepada pihak Rutan Kuala Kapuas agar selalu siaga dan waspada mengingat tahun politik ini apa saja yang menjadi isu bisa menjadi ancaman dan rintangan dalam melaksanakan kinerja. Mari kita jalin kekompakan sesama personil agar dalam setiap langkah dan tindakan tidak menyalahi aturan yang berlaku. Laksanakan SOP dengan benar dan tanamkan nilai PASTI dalam bekerja dan berkinerja, ungkap Kakanwil.

Sementara Kepala Rutan Husaini mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari Kakanwil yang telah meluangkan waktunya untuk mengunjungi Rutan Kuala Kapuas. Setidaknya dengan kunjungan ini tentu akan membawa semangat bagi petugasnya karena selain merasa diperhatikan Pimpinan, Kunjungan Kakanwil juga memberikan pesan yang sangat berarti terutama dalam menjaankan aktivitas sebagai Pengayom masyarakat, terang Karutan Kuala Kapuas. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Feb 2019)

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook