RENCANA ADANYA KENAIKAN KELAS, PLT. KAKANWIL BERSAMA BAGIAN KELEMBAGAAN SEKRETARIAT JENDERAL KUNJUNGI LPKN KASONGAN

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 15 Oktober 2018 08:13, Dibaca 580 kali.


MMCKalteng- Sebagai tindak lanjut dengan adanya rencana kenaikan grade/kelas pada salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah, hari ini Jum’at (12/10) Plt. Kepala Kantor Wilayah Budi bersama dengan Tim dari Bagian Kelembagaan Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI Dedeh Widaningsih, Niken Desvitasari dan Januar Kurniawan melakukan kunjungannya ke Lembaga Pemasyarakatan Khusus Narkotika (LPKN).

Dilokasi, tepat pukul 08.30 WIB rombongan Plt. Kakanwil dan Bagian Kelembagaan Biro Perencanaan tiba di LPKN Kasongan dan disambut oleh Kepala LPKN Kasongan Aris beserta seluruh jajarannya.

(Baca Juga : Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalteng Pimpin Sartijab Kepala Imigrasi Sampit)

Dalam kunjungan Plt. Kakanwil beserta rombongan langsung melakukan peninjauan ke seluruh lokasi yang ada mulai dari Penjaga Pintu Utama (P2U), blok napi/tahanan pria dan juga blok wanita, sampai kepada dapur dan ruang lainnya.

Di dalam blok, Plt. Kakanwil menyempatkan diri untuk berdialog dan memberikan arahan kepada seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang ada.

Beberapa kutipan pesan yang sempat direkam Humas Kantor Wilayah pada saat berdialog dengan para WBP tersebut bahwa Plt. Kakanwil mengucapkan terima kasih kepada seluruh WBP yang ada di LPKN Kasongan yang aktif dan mau bekerja sama dengan petugas dalam hal menjaga lingkungan Lapas yang aman dan kondusif.

Dikatakannya, Kalian semua (WBP) adalah orang baik, akan tetapi karena sesuatu hal kalian terjerumus ke jalan tersesat sehingga menjadi penghuni di LPKN ini. Oleh karena itu mari mulai sekarang kita berubah untuk memperbaikinya dan berkomitmen agar menjadi orang baik dan tidak melakukan pelanggaran hukum lagi.

Anggaplah ini sebagai suatu cobaan hidup yang menjadi awal kebangkitan kalian untuk menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya, tingkatkan alam ibadah serta dekatkan diri kepada Allah, Tuhan Yang Maha Esa dan yakinlah akan itu semua.

Setelah meninjau keseluruh bagian blok  dan memberikan arahan kepada seluruh WBP yang ada, Plt. Kakanwil juga berkesempatan memberikan arahan terkait motivasi kinerja kepada seluruh Petugas LPKN Kasongan.

Dikatakannya bahwa kunjungannya beserta rombongan dari Kantor Wilayah dan juga rombongan dari Bagian Kelembagaan Biro Perencanaan ke LPKN Kasongan ini untuk mengetahui secara langsung keberadaan UPT yang ada di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalteng.

Sebagai orang yang ditunjuk Sekjen Kemenkumham RI, Plt. Kakanwil tentulah ingin melakukan silaturrahmi keseluruh UPT di Jajarannya agar dalam pelaksanaan tugasnya mengetahui seluk beluk UPT yang ada serta mengetahui permasalahan yang dihadapi UPT kita. Selain itu juga sebagai tindak lanjut akan renccana adanya kenaikan grade/kelas pada LPKN Kasongan yang semula dari Lapas kelas III menjadi Lapas Kelas II A.

Untuk mewujudkan itu semua agar apa yang kita harapkan terealisasi dengan baik, Plt. Kakanwil meminta kepada seluruh petugas LPKN Kasongan agar dalam bertugas dan berkinerja menjunjung tinggi integritas dan profesionalisme. Selalu tingkatkan kewaspaaan, walaupun sudah adanya X-ray akan tetapi penggeledahan tetap harus dilaksanakan. Rajin untuk melakukan razia kedalam blok dengan waktu yang diacak serta yang pasti jaga kekompakan petugas. Dan yang paling utama adalah bekerjalah sesuai SOP dan dengan hati.

Rajinlah membaca sesuatu hal yang baru dan tentu positif yang berkaitan dengan peningkatan kinerja, jangan mudah tergiur akan iming-iming sesuatu baik dari WBP maupun dari kalangan pembezuk. Sayangi pekerjaanmu dan sayangi keluarga, karena apabila terlibat maka hukuman dispilin pemecatan dan hukuman lainnya akan menunggu. Hal ini disampaikan karena selain dirinya menjadi Plt. Kakanwil Kemenkumham Kalteng, dirinya juga merupakan Inspektur Wilayah I yang merupakan salah satu ketua di Unit Pengendaliann Gratifikasi (UPG) dan Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) baik di Kemenkumham RI maupun di Kanwil Kemenkumham Kalteng sendiri.

Terakhir, Plt. Kakanwil juga meminta kepada pihak Lapas agar daftar nama penghuni blok yang rusak/hilang agar dibuat kembali hal ini sebagai bukti register penghuni kamar, selain itu agar segera dibuatkan TV umum per blok sebagai sarana hiburan bagi WBP.

Sementara Kepala Bagian Kelembagaan sebagai Ketua Tim dari Biro Perencanaan mengatakan bahwa kunjungannya ke LPKN Kasongan untuk melaksanakan monitoring terkait rencana adanya kenaikan grade/kelas pada LPKN Kasongan yang semula termasuk kedalam Lapas Kelas III menjadi Lapas Kelas II A. Hal ini dilakukan untuk  mewujudkan organisasi yang efektif dan efisien di Lingkingan Kementerian Hukum dan HAM, terang Dedeh Widaningsi Kabag Kelembagaan Biro Perencanaan Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Okt. 2018).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook