MELALUI JDIH DIHARAPKAN BISA MEMBANGUN KESADARAN MASYARAKAT UNTUK TAAT HUKUM

Kontribusi dari Humas Kemenkumham Kalteng, 23 Maret 2018 00:01, Dibaca 862 kali.


Palangka Raya (23/03) Dalam rangka terciptanya dokumentasi hukum yang baik seperti penelusuran (mudah di akses), ketersediaan, kelengkapan, keakuratan dan kemutakhiran data serta keamanan arsip penting yang sewaktu-waktu diperlukan maka perlu dibangun sebuah sistem informasi yang bisa mengkoper keseluruhan layanan data. Hal ini diungkapkan Hajrianor, Plt. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah kala memberikan sambutan pada acara Pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Kamis (22/03) di Hotel Nascar Jalan Nyi Undang Palangka Raya.

Menurutnya, melalui Bimtek JDIH diharapkan mampu memberikan manfaat serta bekal bagi para pengelola arsip/dokumen SOPD dalam mengefisienkan waktu kerja dan mengefektifkan stakeholder yang berada di daerah Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kalimantan Tengah dalam pelaksanaannya untuk menyiapkan Sistem Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) kepada masyarakat pengguna layanan. Dikatakannya, dengan JDIH diharapkan mampu memberikan pengetahuan serta membangun kesadaran masyarakat Kalimantan Tengah untuk taan hukum, pungkas Hajrianor.

(Baca Juga : Hari Pertama, Kepala Lapas Palangka Raya Lakukan Pemeriksaan Kamar Hunian WBP)

Sebelumnya, Ketua Panitia Penyelenggara Sopiannur dalam laporannya mengatakan peserta yang mengikuti kegiatan Bimtek JDIH berjumlah 30 orang peserta yang semuanya merupakan pegawai yang bertugas di Biro/Bagian Hukum Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Tengah, Sekretariat Dewan DPRD Provinsi Kalimantan Tengah dan Kota Palangka Raya serta Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Palangka Raya.  Selama 2 hari kegiatan mereka akan dididik dan dilatih oleh Tim JDIH Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan HAM RI. Dijelaskannya pula selain untuk meningkatkan wawasan serta pengetahuan terhadap pengelolaan arsip/dokumen Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Tengah Bimtek JDIH juga sebagai sarana pelatihan dalam upaya meningkatkan tertib penataan arsip, terang Sopiannur. (Red-dok. Pirhan Humas Kalteng.Mar 2018).

Humas Kemenkumham Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook