Dewan Apresiasi UMKM Tumbuh di Kalangan Ibu

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 30 Januari 2019 08:44, Dibaca 14 kali.


MMCKalteng – Kalangan DPRD Provinsi Kalteng mengajak masyarakat menciptakan lapangan kerja mandiri, sehingga tidak bergantung pada orang lain. Salah satu contoh kreativitas masyarakat yang patut mendapat apresiasi adalah kuliner unik. Seperti, stik kalakai dan amplang dari ikan haruan atau gabus.

Anggota DPRD Kalteng Hj. Putri Noor Hajah mengatakan, cukup senang dengan apa yang dihasilkan oleh masyarakat dalam membuka peluang usaha. Selain membantu penghasilan di rumah tangga, juga turut membantu ekonomi keluarga. Tidak mudah memang dalam membangun usaha, tidak modal semata yang diperlukan, tapi juga keterampilan yang diperoleh melalui pelatihan.

(Baca Juga : Demo Penolakan RUU OLCK di Dewan)

“Saya secara langsung ikut ambil bagian dalam memberikan pelatihan bagi kaum ibu-ibu. Langkah yang diambil ini, merupakan Keikutsertaan ibu-ibu itu, dalam kegiatan usaha mikro kecil menengah (UMKM), sebut saja industri rumahan (home industri),” kata Anggota Komisi B DPRD Kalteng, baru-baru ini di Palangka Raya.

Hj. Putri Noor Hajah memberikan apresiasi terhadap ibu-ibu di wilayah Kotim dan Seruyan. Mereka membentuk sebuah organisasi yang bernama perkumpulan perempuan wirausaha (Perwira). Dirinya yang merupakan ketua dari organisasi itu mengatakan, apa yang pihaknya lakukan cukup bermanfaat. Antusias dari publik yang mengikuti kegiatan itu cukup besar.

Peluang usaha yang dirintis, ucap dia, sangat baik dan positif. Diharapkan tumbuh UMKM yang lebih banyak di wilayah Kotim. Bisa dikatakan, kaum ibu dapat memanfaatkan waktu dengan baik dan bermanfaat. Ditambahkan, pihaknya memberikan pelatihan dan bimbingan, terkait cara pengolahan hingga pengemasan. Harapan kedepan, pemerintah bisa membantu, dalam memperkenalkan produk itu. Tentunya agar laris di wilayah lainnya, dirinya mengharapkan agar sektor itu jangan hanya didominasi lapangan usaha besar saja, pemerintah juga harus ikut memberdayakan koperasi serta UKM di wilayah masing-masing.

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook