DPRD Dorong Pembangunan Museum Sejarah dan Budaya Dayak

Kontribusi dari Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng, 06 April 2021 07:22, Dibaca 13 kali.


MMCKalteng - Palangka Raya – Adat istiadat dan budaya merupakan merupakan bagian dari keanekaragamanan Indonesia yang menjadi ciri khas suatu daerah, baik dalam aspek kesenian maupun benda-benda yang mengandung nilai sejarah dari masa lampau. Oleh karena itu, kalangan DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) untuk mengembangkan museum khusus yang secara khusus menunjukkan kesenian maupun benda bersejarah dari peradaban masa lampau suku Dayak di Bumi Tambun Bungai.

Hal ini disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng Faridawaty Darland Atjeh saat dikonfirmasi via Whatsapp, Minggu (4/4/2021). Menurutnya, sangat penting bagi Pemprov Kalteng untuk memelihara kesenian serta benda bersejarah  dari peradaban masa lampau.

(Baca Juga : Peladang Tradisional Wajib Dilindungi)

“Banyak dampak positif yang diterima apabila Pemprov Kalteng bisa mendirikan museum yang secara khusus menunjukkan kesenian dan benda bersejarah dari peradaban masa lampau nenek moyang suku Dayak Kalteng, sehingga kita mendorong agar hal ini mendapat perhatian dinas/instansi terkait,” ucapnya.

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) I meliputi Kabupaten Katingan, Gunung Mas (Gumas) dan Kota Palangka Raya ini juga menjelaskan, keberadaan museum seni dan benda bersejarah tidak sekedar memberikan daya tarik wisata, melainkan mampu memberi edukasi kepada generasi muda tentang tata cara hidup nenek moyang suku Dayak Kalteng hingga terjamah modernisasi. Bahkan, sejumlah Provinsi di Indonesia tengah menggencarkan pengenalan adat istiadat dan budaya yang dipertunjukkan melalui museum. Salah satunya museum Mpu Tantular yang terletak di Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

“Saat melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Jatim, saya sangat bersyukur masih bisa melihat benda-benda bersejarah berupa emas dan permata peninggalan kerajaan Majapahit, termasuk peninggalan lainnya dari peradaban masa lampau. Suatu saat nanti Kalteng juga harus memiliki museum seperti ini, dengan koleksi yang bisa memberi gambaran jelas tentang peradaban masa nenek moyang suku Dayak,” pungkasnya. (Rovie / Foto: Rovie)

Sekretariat DPRD Provinsi Kalteng

Merupakan salah satu kontributor di Multimedia Center Provinsi Kalimantan Tengah.

Berita Lainnya
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
DPRD
Berita Terbaru
Radio Corner

Facebook